Ini Tren Warna Interior yang Bakal Booming di 2021

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 17 Des 2020 19:30 WIB
Tren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux
Jakarta -

Setiap tahunnya, pemilihan tren warna disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan zaman. Tahun ini kehidupan hampir setiap orang di dunia terpengaruhi oleh pandemi Corona. Mewabahnya virus itu pun ikut mempengaruhi tren warna. Untuk menenangkan dan menyemangati orang-orang yang terdampak, Brave Ground pun dipilih sebagai tren warna interior 2021.

Merek cat dinding Dulux telah mengumumkan Brave Ground sebagai Color of The Year 2021. Tema tersebut dipilih untuk mendorong keberanian beradaptasi di tengah situasi sulit selama pandemi. Namun warnanya sendiri tidak didominasi palet yang cerah dan terang melainkan turunan warna cokelat yang netral dan menenangkan.

Tren Warna 2021 DuluxTren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux

Situasi dan kondisi sulit selama 2021 menjadi inspirasi tren warna 2021. Sebelumnya Pantone merilis abu-abu 'Ultimate Gray' dan kuning 'Illuminating' sebagai prediksi warna yang akan mendominasi karena bisa mendorong harapan dan membawa pesan ketegaran. Dulux pun ingin menawarkan 'Brave Ground' sebagai dukungan untuk menghadapi perubahan dan adaptasi di 2021.

"Warna telah menjadi bagian dari bahasa kita sehari-hari. Selama 30 tahun memilih tren warna, warna kami selalu bercerita tentang lingkungan dan apa yang terjadi di sekitar. Brave Ground kami anggap pantas mengingat saat ini situasi kita memang butuh berkoneksi dengan teman dan keluarga, kita ingin terkoneksi dengan bumi untuk keberlangsungan. Kita semua mencari identitas dan memperbarui identitas," ungkap Oscar Wezenbeek selaku Managing Director AkzoNobel Decorative Paints South East Asia & South Asia (SESA) dalam konferensi pers online, Kamis, (17/12/2020).

Tren Warna 2021 DuluxTren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux

Tema Brave Ground yang merupakan hasil studi hingga diskusi ini pun dihadirkan dengan empat palet warna sebagai acuan untuk pengaplikasikannya. Keempat palet itu adalah Expressive, Timeless, Trust dan Earth yang dihadirkan sebagai simbol harapan, keberanian, dan perubahan. Tak hanya netral sehingga cocok dipadukan dengan berbagai warna lain, palet itu juga terasa dekat dengan alam sesuai dengan tren interior 2021.

Expressive yang terdiri dari turunan warna merah dan cokelat cocok untuk memberikan kesan bold dan individual. Palet ini bisa diterapkan di sektor jasa. Sedangkan Trust yang hangat dan netral bisa dipakai di rumah atau kantor. Adapun timeless yang klasik dan modern akan cocok diterapkan di tempat akademis karena bisa mendukung konsentrasi dan produktivitas. Sementara Earth yang menenangkan dan berkesan alam dapat digunakan di sektor kesehatan.

Tren Warna 2021 DuluxTren Warna 2021 Dulux Foto: Dok. Dulux

Brave Ground dan keempat paletnya dianggap bisa menjadi dasar yang baik untuk hunian rumah. Terlebih warna-warnanya memberi kesan hangat dan dekat dengan alam. Arsitek Riri Yakub pun menyetujui jika warna-warna itu akan dibutuhkan di 2021.

"Pandemi mempengaruhi arsitektur dan prediksi tren arsitektur di 2021 cenderung hunian yang personal dan fungsional karena semua aktivitas akan dilakukan di rumah jadi orang ingin suasana yang terbuka supaya dekat dengan alam dan membangkitkan hasrat untuk hidup sehat.

"Sekarang orang lebih ingin kesan nature dalam ruangan rumahnya. Misalnya dengan menempatkan warna dan material yang berhubungan dengan membangkitkan mood atau untuk membangkitkan inspirasi," kata Riri.

(ami/ami)