5 Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Minimalis, Bisa Bikin Terkesan Luas

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 18 Des 2020 11:47 WIB
Desain dapur terbuka untuk rumah minimalis Ide desain dapur terbuka. Foto: Dok. iStock, The Space Theory
Jakarta -

Rumah minimalis bisa tetap terkesan luas dengan kehadiran dapur terbuka. Seperti apa dapur terbuka yang banyak dipakai untuk rumah dengan desain modern hingga apartemen minimalis itu?

Dapur terbuka memiliki desain yang berintegrasi dengan seluruh bagian rumah. Ciri dapur terbuka adalah memiliki tembok yang sedikit dan pastinya hadir dengan ruangan yang terbuka menyatu bersama ruangan lain seperti ruang makan atau ruang keluarga.

Dapur terbuka di rumah minimalis menghadirkan berbagai keuntungan. Dengan dapur terbuka, orangtua bisa lebih mudah mengawasi anak mereka yang berada di ruangan lainnya. Dapur terbuka juga lebih mudah untuk mengaturnya karena biasanya lebih simpel desainnya.

5 Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Minimalis

Berikut ini lima ide desain dapur terbuka rumah minimalis seperti dikutip dari HaiBunda:

1. Dapur terbuka modern

Desain dapur terbuka untuk rumah minimalisDesain dapur terbuka untuk rumah minimalis Foto: Dok. iStock, The Space Theory

Membuat tempat penyimpanan rahasia dalam dapur bisa menjadi ide menarik untuk rumah minimalis. Seperti model dapur terbuka ultra-modern yang menyatu mulus dengan sisa ruang tengah seperti dirancang oleh Space Theory.

Seperti dikutip dari The Spruce, dapur model ini menggunakan fitur sistem penyimpanan terintegrasi yang terasa santai dan praktis. Yang membuatnya nampak sangat baik adalah karena dapur model ini bisa menyembunyikan kekacauan dari alat-alat dapur yang kadang berantakan. Barang dapur tersebut disimpan dalam tempat penyimpanan yang letaknya pun seolah tersembunyi, sehingga menguatkan elemen dekoratif dapur.

2. Dapur terbuka dengan pencahayaan baik

Desain dapur terbuka untuk rumah minimalisDesain dapur terbuka untuk rumah minimalis Foto: Dok. iStock, The Space Theory

Desain interior Alice Chiu mengatakan pencahayaan sempurna adalah kunci dari dapur terbuka. Ini artinya, kamu harus memaksimalkan pencahayaan dalam dapur.

Dapur yang terang akan membuatnya terasa luas. Chiu juga menambahkan bahwa dapur terbuka sebaiknya dilengkapi dengan kitchen island. Terutama jika dapur tersebut adalah hasil dari merombak ruang tertutup.

Kitchen island juga merupakan titik dari segitiga kerja klasik di dapur, yang menciptakan hubungan antara ruang persiapan, wastafel, dan peralatan utama.

3. Dapur terbuka warna netral

Desain dapur terbuka untuk rumah minimalisDesain dapur terbuka untuk rumah minimalis Foto: Dok. iStock, The Space Theory

Dapur memang jantung dari rumah, itulah yang membuat desain dapur harus menarik agar orang rumah senang berada di ruang dapur.

Permainan palet warna netral akan membuat dapur terbuka terasa lebih luas lho. Palet warna ini tidak hanya untuk dinding saja, namun juga bisa dilekatkan pada ornamen dapur rumah minimalis, seperti kursi, meja, bahkan lampu.

Tentunya pilih warna-warna lembut, seperti warna air, warna awan, ataupun warna putih cerah dengan semburat cahaya. Ini akan membuat dapur rumah minimalis terasa lebih menampilkan sisi harmoni.

Mau tahu desain dapur terbuka lainnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)