7 Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 24 Agu 2019 19:40 WIB
Tips menata dapur kecil. Foto: iStock Tips menata dapur kecil. Foto: iStock

Jakarta - Merasa kurang sreg dengan ukuran dapur kecil di rumah Anda? Dapur kecil memang bisa membuat ruang gerak terbatas. Namun, jangan frustasi dulu hanya karena ukurannya yang mungil.

Banyak cara untuk mengakali dapur kecil Anda agar terlihat lebih luas dan nyaman. Anda pun merasa lebih leluasa saat meracik hidangan favorit di dapur. Berikut ide interior atau kitchen set untuk dapur kecil Anda.

1. Serba putih

Foto: iStock

Pengaplikasian warna putih pada dinding dan interior akan meninggalkan kesan lapang pada ruangan, tanpa terkecuali dapur kecil. Namun agar tak terkesan monoton, Anda juga bisa menyisipkan warna lain sebagai aksen.

2. Warna cerah
Foto: iStock

Tak melulu warna putih, palet cerah seperti warna pastel juga bisa menjadi opsi untuk dapur kecil Anda. Menurut psikologi warna, pemakaian palet ini pada rumah dapat memancarkan energi positif pada penghuninya.

3. Penerangan maksimal
Foto: iStock

Minimnya penerangan akan membuat dapur gelap sehingga terlihat lebih sempit. Padahal, penerangan sangat krusial di setiap ruangan, tanpa terkecuali dapur mengingat memasak membutuh ketelitian ekstra. Untuk itu, selalu pastikan dapur kecil mendapat cahaya yang cukup. Bisa alami lewat cahaya matahari yang masuk lewat jendela atau cahaya buatan dari lampu. Pasang lampu untuk area penting seperti tempat memasak, countertop, area dan mencuci.

4. Bentuk 'U'
Foto: iStock

Mungkin bentuk dapur U belum terlalu lazim di rumah-rumah Indonesia. Namun, bentuk ini akan menambah nilai fungsionalitas pada dapur berukuran kecil. Selain menciptakan keseimbangan pada desain rumah, dapur kecil yang berbentuk 'U' akan memberi ruang gerak yang dinamis pada penghuni saat menggunakannya.

5. Maksimalkan setiap sudut
Foto: iStock

Dapur yang nyaman bukan cuma dinilai dari desainnya, tapi seberapa fungsionalnya ruang tersebut. Salah satunya dengan manfaatkan setiap sudut dapur sebagai tempat penyimpanan atau lemari. MIsal, buat laci atau kabinet tempah khusus yang berbentuk segitiga di dapur kecil. Anda juga bisa gunakan organizer dapur yang bisa ditempelkan di dinding bagian dalam kabinet.

6. Perhatikan tumpukan barang
Foto: iStock

Tumpukan barang seperti piring bisa membuat dapur kecil terlihat penuh. Solusinya, pakai warna peralatan atau perkakas dapur yang sama dengan cat dapur jika Anda ingin menaruhnya di luar. Cara lain, Anda cukup menyimpan barang tersebut di lemari sehingga dapur steril.

7. Rak terbuka
Foto: iStock

Desain rak yang terbuka atau open shelving untuk menyimpan barang juga bisa menyiasati bentuk dapur kecil. Rak terbuka ini bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus bisa mempercantik dapur dengan penataan peralatan dapur yang rapi atau menarik.

Simak Video "Cara Cut Keke Jaga Penampilan di Usia 40-an"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/hst)