Stop! Kebiasaan Ini Bikin Wajan Antilengket Cepat Rusak

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Kamis, 10 Des 2020 19:22 WIB
wajan Foto: shutterstock
Jakarta -

Wajan antilengket jadi salah satu perkakas andalan para ibu untuk memasak. Selain membuat makanan lebih sehat karena tidak menggunakan banyak minyak, wajan antilengket terbilang mudah untuk dibersihkan.

Namun, di samping penggunaan wajan antilengket yang memang sangat praktis, dalam merawatnya perlu perhatian khusus agar lapisan antilengket pada permukaan wajan tidak cepat terkikis atau mengelupas. Nah, lima kebiasaan ini jarang disadari tapi ternyata bisa memperpendek usia pakai dari wajan antilengket, seperti dikutip dari Todaycom. Apa saja?

1. Menggunakan Cooking Spray

Anda sering menggunakan cooking spray saat memasak dengan wajan antilengket? Jika iya, segera hentikan! Sebab, tidak seluruh cooking spray terbakar selama proses memasak. Sisa dari cooking spray tadi akan mengendap dan menumpuk di sisi wajan.

Lama-kelamaan, bagian lengket tadi akan sulit dibersihkan. Sebagai penggantinya, Anda bisa gunakan minyak atau mentega.

2. Pemilihan Alat Masak yang Salah

Jika tidak ingin wajan antilengket Anda cepat rusak, jangan gunakan peralatan masak dari metal. Hal ini karena alat masak seperti spatula yang terbuat dari logam dapat menggores dan merusak lapisan pada wajan antilengket.

Untuk itu, sebaiknya pilih spatula berbahan kayu atau silikon untuk memasak.

3. Memasak dengan Suhu Tinggi

Sebelum memasak dengan wajan antilengket, perhatikan suhu dari kompor. Pastikan suhu kompor sedang dan tidak terlalu panas. Pasalnya, suhu yang terlalu tinggi dapat memperburuk kondisi permukaan wajan. Di samping itu, memasak dengan suhu tinggi ternyata bisa memicu pelepasan uap yang tidak sehat.

4. Menggunakan Wajan untuk Tempat Penyimpanan

Setelah memasak, segera pindahkan sisa makanan ke dalam tempat untuk kemudian disimpan dalam kulkas. Ingat, hindari penggunaan wajan antilengket sebagai tempat penyimpanan, ya. Jangan juga merendam wajan terlalu lama karena bisa membuat lapisan antilengketnya rapuh dan mengelupas.

5. Tidak Segera Diganti

Lapisan pada permukaan wajan sudah mulai terkelupas dan makanan yang dimasak jadi lengket? Ini saatnya bagi Anda untuk mengganti wajan dengan yang baru. Wajan yang sudah mulai rusak lapisannya akan cenderung mengeluarkan racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, sebelum terlambat segera ganti wajan antilengket di rumah. Jangan bingung, kini Anda bisa dapatkan wajan anti lengket Tefal di Lazada! Apalagi sekarang ada promo Lazada 12.12 Garbolnas.

Ragam promo dan diskon terbaik bisa Anda dapatkan supaya belanja lebih irit! Mulai dari diskon 50%, voucher belanja sampai gratis ongkir Rp 20 ribu. Dan semakin banyak barang yang di beli, bakal lebih untung juga, karena ada promo Flexi Combo, spesial di Lazada 12.12 Garbolnas. Tunggu apalagi, kunjungi aplikasi Lazada sekarang dan add to cart semua barang-barang berkualitas pilihanmu!

Sambil belanja, kamu juga bisa nonton program kuis tebak harga, Guess It 12.12 yang akan ditayangkan selama 5 jam non stop di channel LazLive aplikasi Lazada hari ini, 10 Desember 2020, dari jam 4 sore hingga 9 malam dipandu oleh Gracia Indri dan Edric Tjandra dengan bintang tamu Gilang Dirga, Ivan Gunawan, dan Irfan Hakim. Tonton dan ikuti acaranya untuk mendapatkan voucher ratusan juta rupiah, serta grand prize uang tunai 10 juta rupiah, iPhone 11 Pro Max, Macbook Air, sepeda motor Honda Vario, dan mobil Toyota Avanza! Seru banget kan?

(mul/ega)