Cara Menanam Sayur Hidroponik di Rumah, Bisa Hemat Uang Belanja

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 09 Des 2020 14:20 WIB
Young Asian hydroponics organic farmer collecting vegetables salad into basket with nursery greenhouse. People lifestyles and business. Indoor agriculture and cultivation  environment gardener concept Cara menanam sayur hidroponik. Foto: Getty Images/iStockphoto/PongsakornJun
Jakarta -

Selain tanaman hias, hidroponik kini juga jadi hobi yang tren selama pandemi COVID-19. Tanaman hidroponik yang diminati salah satunya adalah sayuran. Dengan menerapkan cara menanam sayur hidroponik, kamu bisa lebih hemat uang belanja. Tidak perlu lagi membeli sayuran, saat tanaman hidroponik berhasil, kamu tinggal memanennya.

"Hidroponik merupakan solusi berkebun alternatif menyenangkan yang dapat dinikmati semua orang dari segala usia," ujar Steven Hadgis, salah satu pengusaha di bidang tanaman hidroponik, dikutip dari Patch.

Ada berbagai cara menanam hidroponik yang bisa dicoba. Cara menanam hidroponik bisa dengan sistem sumbu, botol bekas, ataupun pakai pipa PVC.

Bagaimana dengan sayur? Bagaimana cara menanam sayur hidroponik? Berikut tiga jenis sayuran yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik dan cara menanamnya:

1. Pakcoy

Seperti sayur dan buah lainnya, pakcoy tidak bisa ditanam secara hidroponik dari bibit. Untuk pakcoy, cara menanam hidroponik sayuran ini adalah ditanam di tanah dulu sebelum dipindahkan ke sistem hidroponik.

Langkah pertama yang perlu Bunda lakukan adalah, tanam bibit pakcoy di tanah atau media tanam. Setelah tumbuh 2 sampai tiga lembar daun, pindahkan ke sistem hidroponik.

Tanaman pakcoy membutuhkan cahaya sekitar 6 sampai 7 jam setiap hari. Usahakan suhu air untuk menanam pakcoy tepat, yakni di bawah 18 derajat Celsius. Suhu udara juga perlu diperhatikan, pertahankan pada 10 sampai 21 derajat Celsius.

Agar tanaman tumbuh sehat, kamu perlu menambahkan nutrisi. Larutan nutrisi untuk pakcoy hidroponik sebaiknya memiliki pH sekitar 6,0 sampai 7,0.

Pakcoy nantinya butuh waktu 30 sampai 45 hari untuk tumbuh. Setelah itu kamu bisa memanennya.

Young Asian hydroponics organic farmer collecting vegetables salad into basket with nursery greenhouse. People lifestyles and business. Indoor agriculture and cultivation  environment gardener conceptCara menanam sayuran hidroponik. Foto: Getty Images/iStockphoto/Shutter2U

2. Brokoli

Cara menanam sayur hidroponik juga bisa dicoba pada brokoli Tapi ukuran sayur tanaman brokoli cukup besar, maka butuh ruang lebih luas. Kamu harus memberi jarak antar tanaman sekitar 40 sampai 70 cm saat akan menanamnya.

Brokoli ini butuh minimal 10 sampai 12 jam terkena cahaya. Kalau menanam di dalam ruangan, kamu harus memasang cahaya buatan dari lampu LED ya.

Sementara itu, kebutuhan pH air untuk tanaman brokoli hidroponik antara 6,0 sampai 6,8. Suhu udaranya 14 sampai 17 derajat Celsius.

Tanaman brokoli cenderung berisiko terkena hama serangga, jadi perlu memperhatikannya lebih ekstra ya. Bisa gunakan pestisida untuk menghindari hama tersebut.

Selain pakcoy dan brokoli, bayam juga bisa ditanam dengan hidroponik. Bagaimana cara menanam sayur bayam dengan hidroponik? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.



Simak Video "Saat Wanita Konservatif di Irak Belajar Membuat Tato"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)