7 Bahaya Kecoak Bagi Kesehatan Manusia

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 28 Nov 2020 16:30 WIB
Close up hand hold Dead Cockroach tentacle Ilustrasi bahaya kecoak bagi kesehatan manusia. Foto: Getty Images/iStockphoto/ananaline
Jakarta -

Pasti di antara kalian banyak yang sangat tidak suka dengan kecoak, serangga berwarna coklat kemerahan ini. Kecoak yang berbahaya bagi kesehatan, tampilannya tidak membuat nyaman bagi sebagian manusia di planet Bumi ini. Namun tahukah kamu kalau kecoak diyakini sebagai satu-satunya makhluk yang selamat dari ledakan nuklir pada zaman prasejarah sekitar 70 tahun yang lalu.

Faktanya, sebagian besar dari kamu pasti menghadapi makhluk menjijikkan ini setiap hari. Bisa jadi si kecoak sedang merangkak di wastafel, kabur ke lubang pipa, bersembunyi di atas tumpukan sampah atau beristirahat dengan damai di sudut lemari kamu. Kecoak biasanya keluar di siang hari hanya ketika tempat itu terlalu ramai untuk mereka atau ketika mereka sakit.

Kecoak yang bentuknya dianggap menjijikkan oleh sebagian besar orang ini kenyataannya juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut bahaya kecoak bagi kesehatan manusia:

1. Kontaminasi Makanan

Kecoak dapat hidup dengan memakan apapun. Selain makanan yang kita makan, mereka juga memakan tumbuhan mati, hewan, kotoran, lem, sabun, kertas, kulit dan bahkan helai rambut yang rontok. Saat merangkak di malam hari, mereka mencemari makanan terbuka dengan buang air besar di atasnya, meninggalkan rambut dan kulit mati serta mengendapkan cangkang telur kosong di dalamnya.

Close up hand hold Dead Cockroach tentacleBahaya kecoak bagi kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/ananaline

2. Penyuntik Bakteri Penyebab Penyakit

Saat makan, kecoak memuntahkan air liur dan cairan pencernaannya sendiri dari mulut untuk menyuntik makanan dengan kuman atau bakteri yang berada di ususnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa bakteri pseudomonas aeruginosa dapat berkembang biak secara luas di dalam usus kecoak. Pada manusia, bakteri tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, masalah pencernaan dan sepsis (komplikasi).

3. Gigitan Kecoak Menyebabkan Luka

Beberapa spesies kecoak ditemukan menggigit manusia. Kasus-kasus ini jarang terjadi tetapi jika rumah kamu penuh dengan serangga ini harus berhati-hati. Kecoak bahaya bagi kesehatan ketika menggigit kuku jari tangan, jari kaki dan bagian kulit yang lembut sehingga menyebabkan luka.

4. Kecoak Bisa Masuk ke Lubang di Tubuh

Kecoak tidak hanya dapat menyerang rumah kamu tetapi juga bagian tubuh kamu. Seperti dikutip dari thehealthsite, ada beberapa kasus kecoak masuk ke telinga dan hidung saat tidur. Kecoak kecil dapat dengan mudah memasuki lubang tubuh jika kamu sedang tidur nyenyak.

5. Keracunan makanan

Dalam wabah keracunan makanan, ditemukan bahwa kejadian kasus baru turun secara tiba-tiba setelah serangan kecoak dihilangkan. Riset mengungkapkan bahaya kecoak bagi kesehatan, hewan tersebut merupakan rumah bagi bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit tifus dan keracunan makanan.

Close up hand hold Dead Cockroach tentacleBahaya kecoak bagi kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/ananaline

6. Kecoak Bisa Menyebabkan Alergi

Kecoak dapat menyebabkan alergi. Sekresi air liur dan bagian tubuh mereka mengandung ratusan alergen yang dapat memicu reaksi yang tidak diinginkan. Kamu mungkin menderita ruam kulit, bersin, dan mata berair.

7. Menyebabkan Asma

Kecoak bisa menjadi musuh terburuk bagi penderita asma. Kejadian serangan asma dapat meningkat jika rumah kamu jarang dibersihkan sehingga jadi sarang kecoak. Alergen kecoak dapat menyebabkan komplikasi yang parah dan bahkan dapat mengancam nyawa. Orang yang tidak asma dapat mengembangkan asma karena menghirup alergen kecoak.

Itulah bahaya kecoak bagi kesehatan manusia. Jadi buat sebaiknya rajin membersihkan rumah ya supaya tidak jadi sarang kecoak.

(eny/eny)