5 Cara Membuat Taman untuk Rumah Minimalis

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 26 Nov 2020 15:32 WIB
Perusahaan penelitian dan desain arsitektur, FLOAT yang berbasis di Oregon membangun rumah untuk klien yang ingin menghabiskan hari-harinya dengan alam. Cara membuat taman di rumah minimalis. Foto: Instagram @titi_kamall
Jakarta -

Rumah minimalis bukan berarti tidak bisa dibuat indah dengan kehadiran taman. Dengan penataan yang tepat, taman bisa kamu buat untuk rumah minimalis. Bagaimana cara membuat taman untuk rumah minimalis?

Taman memang selama ini identik dengan keberadaan lahan yang luas. Namun di masa sekarang ini, apalagi dengan adanya tren tanaman hias, kamu bisa tetap membuat taman di lahan yang sempit.

Kehadiran taman di masa sekarang ini juga bisa menjadi penyejuk suasana, setidaknya demikian menurut pakar tanaman dan penulis buku Rootbound and How To Grow Stuff, Alice Vincent. "Ruang terbuka hijau dan taman menjadi hal yang bisa membuat kita tetap waras beberapa bulan ke depan," katanya mengaitkan taman dengan kondisi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia.

Cara Membuat Taman untuk Rumah Minimalis

1. Tanami Tanaman Hias

Seperti dikutip dari Haibunda.com, desain taman rumah minimalis terbaik dimulai dengan tanaman struktural, yang dipenuhi dengan tanaman berbunga cantik. Jadi hiasi taman rumah dengan tanaman-tanaman hias.

Small garden on the balconyCara membuat taman untuk rumah minimalis. Foto: iStock

Jika lahan kecil, sesuaikan ukuran tanaman hias tersebut. Namun, jangan seluruh taman dipenuhi tanaman, beri ruang gerak untuk bisa menyimpan perabotan lainnya.

Selain itu, sebaiknya tanaman hias yang diletakkan di taman terdiri dari beragam jenis. Dan pilihlah yang bunga-bunganya berwarna cerah, seperti, lavender, rosemary, begonia, dan lainnya.

2. Pasang Paving yang Indah

Cara membuat taman untuk rumah minimalis, perhatikan pemasangan paving. Warna dan gaya paving serta cara pemasangannya dapat memberikan arahan desain yang kuat untuk seluruh taman. Misalnya, batu abu-abu atau putih yang diletakkan dalam pola acak akan mengatur pemandangan untuk tampilan pedesaan Prancis.

Small garden on the balcony5 Cara Membuat Taman untuk Rumah Minimalis Foto: iStock

Paving hitam atau perak yang ditata dengan desain biasa akan membentuk latar belakang yang sempurna untuk skema ramping dan modern. Sementara batu warna emas yang diatur dalam pola campuran menciptakan nuansa pedesaan Inggris.

Michael John McGarr, direktur dan perancang taman di Warnes McGarr & Co, menyarankan untuk gunakan paving porselen. Porselen tidak menyerap air sehingga membutuhkan lebih sedikit pembersihan daripada jenis paving tradisional. Selain itu, peletakan paving juga harus dipertimbangkan.

"Dengan memastikan paving sejajar dengan lantai dalam ruangan, dapat mengaburkan garis antara interior dan eksterior properti," ujar Michael seperti dikutip dari House Beautiful.

3. Pilih Perabotan Tepat

Untuk halaman dan teras rumah minimalis yang lebih kecil, gunakan furnitur lipat, atau tempat duduk bangku yang dapat diletakkan di bawah meja makan saat tidak digunakan. Sementara ruang yang lebih besar dapat menampung set tempat duduk, dengan kursi, sofa, dan meja yang serasi, atau kursi gantung dan kursi ayun trendi.

Small garden on the balconyCara membuat taman untuk rumah minimalis. Foto: iStock

Investasikan set furnitur taman rumah minimalis yang bagus yang akan bertahan selama bertahun-tahun. Pertimbangkan ruangnya dan berikan tempat yang cukup bagi setiap orang untuk dapat duduk dengan nyaman, serta menarik kursinya tanpa menyenggol apa pun.

Selain itu, apapun furnitur taman yang kamu beli, jangan lupa untuk melengkapi dengan bantal luar ruangan untuk mendapat kenyamanan ekstra. Serta belilah penutup furnitur untuk melindungi dan memperpanjang masa pakai furnitur tersebut.

Apalagi cara membuat taman di rumah minimalis? KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Tips Diet ala Rina Gunawan Turunkan BB hingga 30 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)