5 Cara Merawat Tanaman Keladi Agar Subur dan Batangnya Kokoh

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 11:30 WIB
Caladium Ace of Heart Cara merawat tanaman hias keladi. Foto: Instagram @halaman.depan
Jakarta -

Semenjak demam tanaman hias melanda tanah air di masa pandemi ini, industri tanaman hias yang tadinya lesu kini menjadi berkembang pesat. Salah satu tanaman hias yang menjadi primadona adalah keladi atau caladium. Bagaimana cara merawat tanaman keladi?

Tanaman keladi ini merupakan kelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Ciri utama Caladium atau keladi adalah daun yang melebar berbentuk seperti anak panah atau kuping gajah, bentuknya cantik dan bewarna eksotis. Tanaman hias Caladium ini memiliki berbagai jenis di antaranya Keladi Kuping atau Alocasia Polly dan Colocasia.

Caladium juga memiliki ciri khas dari bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1 meter.

Caladium atau keladi yang bentuk batangnya tipis, jika tidak dirawat dengan baik akan mudah patah karena tidak berdiri kokoh. Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias di Instagram @halaman.depan, Fachrur Rozi untuk mengungkap tips agar tanaman keladi tak mudah patah.

Cara merawat Caladium agar tidak mudah layuCara merawat tanaman keladi atau Caladium agar tidak mudah layu Foto: Instagram @halaman.depan

Cara Merawat Tanaman Keladi Agar Subur dan Tak Mudah Patah

1. Atur tata letak tanaman keladi

Menurut Fachrur Rozi penjual tanaman hias dengan nama akun Instagram @halaman.depan, agar daun keladi atau Caladium bisa rimbun dan tidak patah, kamu harus mengatur tata letaknya. "Peletakan si Caladium ini, hindari dari guyuran hujan yang cukup deras karena bisa mengakibatkan patah pada dahannya," ujarnya.

2. Berikan tanaman keladi sinar matahari pagi

Masih dalam peletakan tanaman, letakan tanaman hias keladi kamu di tempat yang terkena paparan sinar cahaya matahari pagi secara langsung. Namun jangan terlalu lama menjemurnya ya, agar daun keladi tidak rusak.

3. Perhatikan penyiramannya

Batang keladi atau Caladium membutuhkan air yang cukup, agar batangnya menjadi kokoh dan kuat. Oleh karena itu Fachrur Rozi menyarankan, lakukan penyiraman 1 - 2 hari sekali, supaya tanaman keladi kesayangan kamu tumbuh subur dan bisa melahirkan tunas yang baru.

4. Berikan tanaman keladi pupuk

Selain disiram, berikan Caladium pupuk yang cukup dan mengandung banyak zat kapur. Hal ini agar batang keladi terpenuhi kalsium serta terhindar dari hama yang biasanya akan merusak tanaman hias kamu.

5. Pilih pot yang sesuai

Beraneka ragam pot kini dijual dipasaran. Akan tetapi kamu jangan sampai memilih pot karena bentuk atau warnanya yang sedang tren. Fachrur Rozi mengatakan untuk tanaman hias keladi, sebaiknya letakan di pot yang tidak terlalu besar, agar cepat tumbuh tunas barunya dan pastinya tumbuh dengan subur.

Itulah lima cara merawat tanaman keladi agar subur dan batangnya kokoh. Bagaimana mudah kan? Selamat mencoba!



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)