Berkebun dan 6 Hobi yang Jadi Tren Selama Pandemi Corona

Yuni Ayu Amida - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 12:58 WIB
Photo of young woman taking care of her plants on a rooftop garden Hobi yang tren selama pandemi Corona. Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi Corona membuat banyak orang di dunia harus menghabiskan waktu di rumah saja. Hobi-hobi rumahan pun jadi populer selama virus Corona merajalela di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Melakukan hobi memang bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebosanan selama harus di rumah saja karena pandemi Corona. Selain itu, menekuni berbagai hobi yang populer di 2020 ini juga bisa meredakan stres dan mendatangkan kebahagiaan.

Hobi yang Tren Selama Pandemi Corona

1. Menonton film

Terjebak di rumah adalah alasan yang tepat untuk menonton semua acara atau film favorit dalam durasi waktu yang lama. Saat ini juga sudah banyak layanan yang mendukung untuk kamu dan keluarga melakukan aktivitas menonton ini.

young woman watching televisionMenonton film. Foto: iStock

Lewat situs berlangganan, kamu bisa mencari berbagai jenis siaran untuk bisa dinikmati di tengah pandemi. Kalau mau nonton drama Korea maupun aneka film seru juga sudah tersedia. Buatlah ruangan yang bisa digunakan untuk menonton TV jadi senyaman mungkin ya.

2. Membaca buku

Seperti dikutip dari Haibunda.com, membaca buku juga masuk dalam hobi favorit banyak orang di saat pandemi. Pilihan buku yang bisa dibaca sangat beragam. Ada buku cetak, e-book, ataupun buku audio.

Self education concept. Young woman reading book, sitting on floor at home, panorama, free spaceMembaca buku. Foto: iStock

Selain memperluas ilmu dan wawasan, membaca buku juga menjadi cara tepat untuk menghabiskan waktu dengan berguna. Kamu bisa bersantai sekaligus mendapat wawasan baru dari buku yang dibaca.

Banyak juga orang yang mengikuti layanan berlangganan yang memberikan pilihan bacaan menarik, yang bisa dibaca langsung di mana pun berada.

3. Memasak dan membuat kue

Tidak mengherankan jika media sosial saat ini diramaikan dengan gambar roti buatan sendiri, cupcake, muffin, kue tart, ataupun masakan tradisional. Ya, sepertinya banyak orang yang menjadikan memasak sebagai hobi di tengah pandemi.

Woman Standing At Kitchen Sink Washing UpMemasak, hobi yang populer selama pandemi Corona. Foto: iStock

Berhubung tidak bisa bebas keluar, dapur menjadi pilihan untuk tempat menghabiskan waktu. Membuat hidangan menggoda untuk keluarga dengan belajar resep baru tidak hanya jadi kegiatan menyenangkan, namun juga produktif dan pastinya positif.

Kalau kamu sudah semakin ahli dalam membuat suatu masakan, bukan tidak mungkin memulai bisnis rumahan. Masakan kamu yang enak tentunya bakalan laku dijual.

4. Berkebun

Hanya karena terjebak di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa keluar. Salah satu cara untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan adalah dengan berkebun.

Asian girl Water the plants in house, this image can use for Calathea orbifolia, Water the plants, fertilizer and house plants concept.Koleksi tanaman hias, hobi yang populer selama pandemi Corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto

Jika kamu tidak memiliki halaman, masih bisa berkebun di dalam ruangan. Pertimbangkan untuk mendapatkan beberapa tanaman hias atau menumbuhkan kebun herbal sendiri dengan mempelajarinya lewat buku bacaan ataupun portal online.


Biar ikut kekinian, kamu dapat memilih tanaman hias yang sedang tren. Misalnya saja janda bolong, kaktus, aglaonema, dan masih banyak lagi.

Apa lagi hobi yang tren selama pandemi Corona, baca di sini ya.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)