5 Warna yang Harus Dihindari untuk Cat Kamar Tidur

Hestianingsih - wolipop Jumat, 23 Okt 2020 08:45 WIB
Modern messy girl bedroom with large bed, laptop, teddy bear and scattered sneakers on white soft carpet Ilustrasi kama tidur. Foto: iStock
Jakarta -

Kamar tidur adalah tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Ruangan ini juga jadi tempat untuk menikmati me time, di mana kita bisa benar-benar merasa menjadi diri sendiri.

Maka dari itu kenyamanan adalah hal utama yang harus dipikirkan saat menata kamar tidur. Pertama-tama kamu harus menentukan tema warna yang diinginkan. Ada banyak pilihan warna yang bisa digunakan untuk kamar tidur mulai dari nuansa hangat hingga sejuk.

Tapi memilih warna untuk kamar tidur juga tak bisa sembarangan. Beberapa varian warna bisa membuat kenyamanan tidur terganggu meskipun mungkin akan tampak cantik ketika diaplikasikan.

Ini dia beberapa warna yang sebaiknya tidak kamu gunakan untuk mengecat dinding kamar mandi, atau dijadikan sebagai tema utama.

1. Hitam

Dinding hitam memberi kesan suram dan lebih sempit pada ruangan. Warna ini bisa jadi pilihan buruk jika kamar tidur kamu tidak terlalu luas. Warna-warna gelap seperti hitam dan abu tua memang bisa bantu lebih cepat tertidur di malam hari tapi bisa jadi masalah di pagi.

Warna gelap akan membuat tubuh menganggap hari masih malam sehingga kamu akan lebih sulit bangun pagi. Selain itu warna hitam juga memberi aura gelap secara psikologis akan menurunkan semangat. Jika tetap ingin menggunakan cat hitam sebaiknya hanya diaplikasikan pada satu sisi dinding.

"Saran saya hindari mewarnai semua sisi dinding dengan cat hitam. Jadilah lebih kreatif dalam penempatan warna gelap hanya pada satu sisi saja atau dijadikan sebagai aksen," kata desainer interior Shani Moran, seperti dikutip dari Reader's Digest.

2. Neon

Jika cat hitam masih bisa diaplikasikan sebagai aksen, maka warna-warna neon sebaiknya jangan pernah digunakan untuk cat kamar tidur. Warna terang dan mencolok akan membuat kamu lebih sulit beristirahat dan tertidur lelap.

"Kamu harus selalu menghindari warna-warna neon seperti hijau elektrik dan magenta karena akan membawa energi berlebihan pada kamar tidur," saran desainer interior Shad Elia.

Kalau ingin memberi suasana terang, pilih yang lebih lembut seperti abu-abu muda atau beige. Palet ini memberi kesan hangat dan membantu tubuh cepat relaks.

3. Kuning

Kuning adalah warna yang sangat menstimulasi indra penglihatan. Keterkaitannya dengan matahari dan pagi hari akan membuat tubuh jadi makin terjaga hingga susah tidur.

"Warna cerah satu ini mungkin bagus untuk siang hari, tapi mereka yang memilih palet kuning lemon di kamar tidur kebanyakan sulit tertidur di malam hari," jelas marketing manager Home Decor.

4. Merah

Seperti kuning, merah juga termasuk warna mencolok dan menimbulkan kewaspadaan. Merah sering kali digunakan sebagai strategi pemasaran untuk membuat orang mengantisipasi, terburu-buru dan ingin segera bergerak.

Warna ini juga efektif untuk membangkitkan semangat di gym, restoran dan tempat belanja. Sehingga bukan pilihan terbaik jika kamu ingin segera tidur.

5. Cokelat Tua

Warna gelap seperti cokelat tua memberi kesan berat dan suram sehingga mengurangi semangat untuk bangun pagi. Jika ingin mengecat kamar tidur dengan palet cokelat sebaiknya pilih yang lebih muda seperti krem, cokelat muda atau camel.

(hst/hst)