Tren Pelihara Ikan Cupang

Cerita Nadine Chandrawinata Ketagihan Ikan Cupang, Pernah Punya 200 Ekor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 18 Okt 2020 15:00 WIB
Ikan Cupang koleksi Nadine Candrawinata Nadine Chandrawinata dan koleksi ikan cupang peliharaannya. Foto: Dok. pribadi Nadine
Jakarta -

Nadine Chandrawinata merupakan salah satu selebriti tanah air yang gemar memelihara ikan cupang. Tak tangung-tanggung ia pernah memelihara 200 ekor ikan di rumahnya. Seperti apa ceritanya?

Nadine mengaku sudah memelihara ikan cupang sejak duduk di bangku SMA. Koleksinya semakin bertambah ketika sang suami, Dimas Anggara juga mempunyai hobi yang sama.

"Dari SMA, tapi nggak sebanyak sekarang. Paling banyak semenjak sudah nikah dengan Dimas karena dianya juga suka ikan cupang di rumahnya. Dari dulu cuman ada lima ekor. Setelah nikah dan punya rumah, kita suka memelihara ikan cupang, lalu kita kawinin. Jadi sudah diproses breeding. Dulu ada 200 ekor, sekarang paling 50 ekor aja," kata Nadine saat berbincang dengan Wolipop lewat sambungan telepon, Kamis (15/10/2020).

Saat ditanya alasannya memelihara ikan cupang, Puteri Indonesia 2005 itu mengungkapkan ikan cupang termasuk kategori hewan yang mudah dipelihara. Menurutnya ikan cupang termasuk ikan yang paling tahan banting. Ikan cupang cocok untuknya yang kerap travelling berhari-hari sehingga jika ditinggal, si ikan akan baik-baik saja.

Ikan Cupang koleksi Nadine CandrawinataIkan Cupang koleksi Nadine Candrawinata Foto: Dok. pribadi Nadine

"Ikan cupang nggak perlu sirkulasi udara. Dia bisa bertahan kalau kita nggak kasih dia makan. Terus dia juga bukan ikan yang manja. Dan aku senang dengan mutasinya, perubahan warna di dalamnya," jelas Nadine Chandrawinata.

Pemain film Realita, Cinta dan Rock'n Roll itu menuturkan koleksi ikan cupangnya dulu mencapai ratusan ekor. Namun karena rumahnya tidak mampu menampung ikan-ikan cupangnya lagi, dia pun membagi-bagikan ikan koleksinya itu pada teman dan keluarga.

"Dulu kan gampang banget didapetinnya, depan sekolah aja ada kan? Sekarang seiring perkembangan zaman kan ikan cupang kawin silang. Kita kawin-kawinkan klimaksnya pernah sampai 200 ekor ikan. Dan besarin semua burayak (anak cupang) sampai besar. Sekarang ada yang kita kasih ke teman dan keluarga. Jadi sekarang tinggal 50 ekor," tutur wanita 36 tahun itu.

Ikan Cupang koleksi Nadine CandrawinataIkan Cupang koleksi Nadine Candrawinata Foto: Dok. pribadi Nadine

Sukses menjodohkan ikan cupang hingga punya ratusan ekor, Nadine membuat akun Instagram khusus untuk koleksinya itu. Melalui akun Instagram @nadi.betta, wanita yang pernah menjadi Duta Wisata Bahari 2017 itu memamerkan koleksi ikannya sekaligus menjual beberapa ikan cupangnya tersebut.

"Ada yang kita jual di Instagram namanya @nadi.betta. Untuk jenisnya kita punya Giant, Plakat, Galaxy, Koi, Dumbo, Half Moon dan hampir semuanya kita punya. Paling banyak Dumbo dan Galaxy tipe Plakat. Tapi rata-rata hampir semua tipe kita punya," tambahnya.

Dalam menjual ikan cupangnya, Nadine mengaku tak mematok harga khusus. "Terserah hati mau kasih berapa. Karena kita menjual bukan untuk komersil. Hanya untuk seru-seruan aja. Kerena kita egonya masih terlalu tinggi untuk memiliki ikan cupang yang kita jaga, memang bukan buat retail," papar Nadine Chandrawinata.



Simak Video "Yuk! Kurangi Sampah Plastik Mulai Sekarang"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)