Cara Membersihkan Kacamata untuk Cegah Corona, Bisakah Pakai Hand Sanitizer?

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 16 Okt 2020 05:30 WIB
Women hand  holding white spray bottle cleaning trendy black glasses lens with red microfiber tissue.healthcare, vision and medicine concept Cara membersihkan kacamata agar terhindar dari Corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/Micolino
Jakarta -

Membersihkan berbagai barang saat pulang ke rumah kini menjadi agenda wajib para pekerja yang bekerja di kantor. Ponsel, tas, dompet hingga kacamata termasuk deretan barang yang tak luput dibersihkan dengan desinfektan atau larutan pembersih lainnya.

Saat membersihkan barang dengan desinfektan ini, khususnya untuk pengguna kacamata, jadi bertanya-tanya, apakah aktivitas ini bisa merusak kacamata? Bagaimana cara membersihkan kacamata? Bisakah membersihkan kacamata dengan hand sanitizer ?

Menurut Direktur Optometri, Dr Ben Ashby, membersihkan kacamata secara teratur merupakan praktik yang baik. Gunakan cairan pembersih kacamata yang mengandung deterjen karena dapat membantu menghilangkan mikroba pada permukaan yang mungkin berbahaya. Bersihkan seluruh bagian mulai dari frame, lensa hingga bagian penyangga hidung. Setelahnya keringkan kacamata dengan kain microfiber yang kondisinya juga bersih.

Jika tidak ada cairan pembersih khusus kacamata, bisakah menggunakan hand sanitizer? Menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan antibakteri yang mengandung alkohol bisa membantu membersihkan kacamata dari partikel yang berpotensi berbahaya, seperti halnya tangan kamu. Namun, cara membersihkan kacamata ini tidak bisa dilakukan bagi kamu yang kacamatanya dilapisi anti-reflektif atau framenya dari plastik. Hal itu karena kandungan alkohol dapat mempengaruhi kualitas permukaan lensa. Tindakan ini juga cenderung mengotori atau meninggalkan goresan pada lensa kecuali dibilas dan dikeringkan dengan benar.

Women hand  holding white spray bottle cleaning trendy black glasses lens with red microfiber tissue.healthcare, vision and medicine conceptIlustrasi cara membersihkan kacamata. Foto: Getty Images/iStockphoto/Micolino

Cara Membuat Cairan untuk Membersihkan Kacamata

Perlu kamu ketahui COVID-19 dapat hidup di permukaan yang keras selama 1-3 hari, seperti kacamata. Bagi kamu yang tidak memiliki cairan pembersih kacamata, Dr. Jennifer Tsai, OD memberikan tips cara membuatnya. Saran darinya adalah isi botol semprot dengan 3/4 alkohol (70% etil alkohol), 1/4 air, dan 2-3 tetes sabun cuci piring. Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan kacamata setelah kembali ke rumah dari kantor atau ketika kamu meletakkan kacamata di meja atau permukaan manapun dalam jangka waktu tertentu. Bersihkan dulu kacamata sebelum dipakai kembali ke wajah.

Dr. Jennifer menambahkan untuk sebagian besar bingkai atau frame kacamata, saat membersihkannya, bisa dengan menambahkan setetes sabun dan menggosoknya menggunakan jari untuk menghilangkan virus dan bakteri. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Selain dengan rutin membersihkan kacamata, kamu juga perlu melindungi mata agar terhindar dari virus corona. Bagaimana caranya?

Dr. Jennifer Tsai, OD menjelaskan untuk saat ini cara terbaiknya adalah dengan sering mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum menyentuh mata. Mata termasuk salah satu 'pintu masuk' virus dan kuman ke dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum kamu memegang bagian mata atau wajah.

Demikianlah kata para pakar soal cara membersihkan kacamata dan menjaga kesehatan mata. Mudah dicoba kan.



Simak Video "Keren! Kacamata dari Kayu Maple Papan Skateboard"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)