3 Hobi Paling Populer Selama Pandemi Menurut Survei

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 19 Sep 2020 10:00 WIB
A beautiful young seamstress sitting and sewing at a sewing machine Hobi memasak (Foto: iStock)
Jakarta -

Selalu ada hikmah di balik musibah. Ketika harus di rumah saja karena pandemi COVID-19, kita menemukan hobi baru atau sekadar lebih menikmati hobi lama dari biasanya.

Tren bersepeda yang digandrungi orang-orang di Indonesia belakangan ini bisa menjadi salah satu contohnya. Ada juga yang mulai doyan memasak atau berkebun.

Sebuah survei terbaru mengungkap sejumlah hobi yang populer selama masa pandemi. Survei dilakukan oleh Nerd Bear, sebuah media bagi pecinta komik dan gadget, terhadap 750 responden di Amerika Serikat.

Amazed woman watching tv in the night sitting on a couch in the living room at homeHobi nonton (Foto: Dok. iStock)

Pencarian di Google Trend dalam periode 24 Februari - 21 Maret 2020 juga menjadi referensi pembuat survei untuk mengungkap hobi yang sedang diminati.

Berdasarkan survei tersebut, menonton serial tv dan film menduduki urutan pertama daftar hobi terpopuler semasa pandemi. Sebanyak 70 persen responden memilihnya.

Lalu diikuti membaca (50 persen), olahraga (35 persen), kerajinan tangan (33 persen) dan board games (33 persen).

Self education concept. Young woman reading book, sitting on floor at home, panorama, free spaceFoto: iStock

Di urutan terbawah, terdapat belajar alat musik baru (5 persen), belajar bahasa baru (6 persen) dan menulis (10 persen).

Mengingat hobi menonton berada di urutan teratas, maka hal yang lumrah bila pencarian 'Netflix' di Google naik hingga 122 persen. Terjadi pula peningkatan signifikan pada kata kunci 'Home Workout' (488 persen) dan 'Home Yoga' (222 persen).

Hobi diyakini mendatangkan banyak manfaat, baik bagi fisik dan kesehatan mental kita. Salah satunya, membantu meredam stres yang timbul karena tekanan.

Di tengah situasi yang tak menentu seperti saat ini, maka penting bagi kita untuk menikmati hobi yang positif. Hati senang, tubuh pun sehat.

(dtg/dtg)