Mengenal Bunga Hibiscus dan Cara Merawatnya Agar Taman Makin Cantik

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 08 Sep 2020 16:21 WIB
hibiscus essential oil with fresh flower - beauty treatment Bunga Hibiscus. Foto: iStock
Jakarta -

Bunga Hibiscus atau biasa dikenal dengan tanaman kembang sepatu memiliki ukuran bunga yang besar dan berwarna-warni. Ada kembang sepatu warna kuning, merah, putih dan peach. Namun yang paling populer adalah Hibiscus Sabdariffa. Bunga merah dari variasi ini paling sering dibudidayakan untuk tujuan medis dan tersedia sebagai suplemen makanan juga.

Bunga Hibiscus ini memang bukan hanya bisa mempercantik taman di rumah, tapi bermanfaat juga untuk kecantikan dan obat. Bunga Hibiscus dan daunnya dapat dibuat menjadi teh atau ekstrak cairannya bisa membantu menurunkan berat badan, mengatasi sakit perut, tekanan darah tinggi, infeksi bakteri dan demam. Dan daun dari kembang sepatu yang sudah ditumbuk bisa dioleskan ke kulit untuk menyembuhkan luka.

Manfaat Bunga Hibiscus atau Kembang Sepatu

Bunga hibiscus yang dibuat menjadi teh, disebut juga teh asam karena rasanya yang asam. Teh kembang sepatu dibuat dari campuran kembang sepatu kering, daun, dan kelopak merah tua (bagian tengah bunganya yang berbentuk cangkir).

Seperti dikutip dari healthline teh kembang sepatu telah digunakan orang Mesir untuk menurunkan suhu tubuh, mengobati penyakit jantung dan saraf, dan sebagai diuretik untuk meningkatkan produksi urin. Sedangkan di Afrika, teh kembang sepatu digunakan untuk mengobati sembelit, kanker, penyakit hati, dan gejala pilek. Dan di Iran, minum teh kembang sepatu menjadi pengobatan umum untuk tekanan darah tinggi.

hibiscus essential oil with fresh flower - beauty treatmentMinyak essential dari bunga hibiscus. Foto: Dok. iStock



Saat ini, kembang sepatu populer karena potensinya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Studi modern menunjukkan ekstrak kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan, ini bisa menjadi kabar baik untuk masa depan dunia pengobatan.

Studi terbaru lainnya menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu mungkin memiliki efek pada metabolisme, mencegah obesitas dan penumpukan lemak di hati. Tanaman tropis ini bahkan telah berhasil digunakan sebagai campuran ekstrak herbal untuk mengobati kutu rambut.

Saat digunakan sebagai teh, kembang sepatu umumnya dianggap aman. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dosis yang aman untuk wanita hamil atau menyusui, anak-anak, dan orang dengan penyakit hati atau ginjal.

Teh kembang sepatu sangat asam. Oleh karena itu, jika kamu termasuk yang tidak kuat asam, hentikan penggunaannya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat memengaruhi cara tubuh memproses asetaminofen (Tylenol), tetapi efek ini kemungkinan sangat minim.

Cara Merawat dan Menanam Bunga Hibiscus


Menanam Bunga Hibiscus dalam Wadah

Banyak orang yang menanam kembang sepatu di dalam wadah. Cara ini memungkinkan untuk memindahkan bunga hibiscus atau tanaman kembang sepatu ke lokasi yang ideal.

Tanaman kembang sepatu yang ditaruh di wadah sebaiknya mendapat sinar matahari yang cukup, setidaknya enam jam setiap hari. Pastikan tanaman kembang sepatu juga ditanam di wadah yang memiliki drainase baik.

Flowers backgroundsBunga hibiscus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Iurii Garmash



Perhatikan Suhu untuk Menanam Bunga Hibiscus

Saat merawat Bunga Hibiscus di dalam pot kamu harus ingat bahwa tanaman ini paling baik pada suhu antara 16 - 32 derajat celcius. Di musim panas, tanaman kembang sepatu boleh ditaruh ke luar, tetapi begitu cuaca mulai mendekati dingin, bawa kembang sepatu ke dalam ruangan.

Menyiram Kembang Sepatu

Saat Bunga Hibiscus dalam tahap berbunga, tanaman tersebut membutuhkan banyak air. Kembang sepatu perlu disiram setiap hari dalam cuaca hangat. Tetapi begitu cuaca mendingin, kembang sepatu hanya membutuhkan lebih sedikit air. Di musim dingin atau hujan, sirami kembang sepatu hanya saat tanahnya kering jika disentuh.

Pemupukan Bunga Hibiscus

Tanaman kembang sepatu yang tumbuh membutuhkan banyak nutrisi agar bisa berbunga dengan baik. Di musim panas, gunakan pupuk kalium tinggi. Kamu bisa menggunakan pupuk cair sekali seminggu, pupuk slow release sebulan sekali, atau bisa menambahkan kompos kalium tinggi ke tanah.

Itulah berbagai hal mengenai bunga hibiscus atau tanaman kembang sepatu. Tanaman ini pada dasarnya mudah dirawat dengan hasil yang membuat taman atau rumah terlihat cantik.



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)