Sering Gagal Buka Tutup Galon AQUA? Ternyata Begini Cara yang Benar

Yudistira Imandiar - wolipop Selasa, 18 Agu 2020 13:37 WIB
Glass being filled at a water cooler Foto: Getty Images/iStockphoto/KLH49
Jakarta -

Danone-AQUA telah mematenkan desain tutup galon 'dual injection'. Tutup galon tersebut diklaim mampu melindungi air dalam kemasan dari kontaminasi partikel-partikel di lingkungan.

Danone-AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director Azwar Satrya Muhammad menjelaskan, teknologi tutup galon dual injection hanya dipakai pada produk Aqua. Danone-AQUA, kata Azwar, memilih vendor pemasok tutup galon dengan selektif untuk memastikan standar kualitas tetap terjaga.

"Sehingga tutup galon ini untuk meyakinkan bahwa produk AQUA itu aman untuk diminum dan dijamin keasliannya," kata Azwar dalam acara kunjungan virtual Pabrik Aqua, Selasa (18/8/2020).

Tutup galon tersebut dirancang dengan desain yang menarik, menggunakan kombinasi warna biru-putih dan bolongan membentuk tetesan air. Namun, Azwar menegaskan selain bentuknya yang menarik desain tutup galon tersebut dibuat fungsional.

Tutup galon dual injection galon AQUA memiliki pola waterdrop di sekelilingnya yang berfungsi sebagai alur pembuka. Azwar menerangkan, tutup galon tersebut dapat dibuka dengan mudah. Caranya, masukkan jari ke lubang yang ada di ujung bawah, lalu tarik mengikuti alur waterdrop. Jangan langsung ditarik ke atas.

"Dual injection ini sangat sulit ditiru. Sistem ini juga untuk memastikan penutupan tutup galon dapat dilakukan dengan sempurna," sambung Azwar.

"Sehingga tutup galon ini untuk meyakinkan bahwa produk AQUA itu aman untuk diminum dan dijamin keasliannya," lanjutnya.

Menambahkan penjelasan Azwar, Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo menuturkan, kemasan pada produk pangan memiliki beberapa fungsi. Fungsi utamanya, yaitu untuk menjaga produk tetap higienis dan memperpanjang umur simpan. Selain itu, kemasan juga kerap dirancang untuk memudahkan konsumen mengonsumsi produk, seperti yang dilakukan Aqua dengan membuat tutup dual injection.

Eko menambahkan, tutup kemasan merupakan bagian yang paling rentan rusak. Sehingga, tutup harus dirancang kokoh dan efektif untuk melindungi produk di dalamnya.

"Jadi kalau saya melihatnya bahwa inovasi di penutupan kemasan saya sangat mengapresiasi AQUA melakukan itu," sebut Eko.

Selain membuat tutup botol yang sudah dipatenkan, AQUA menjamin kemasan galonnya juga telah memenuhi standar keamanan dalam industri pangan. Galon dicek secara berkala meliputi uji kebocoran dan kebersihan. Galon yang tidak memenuhi standar akan didaur ulang.

"Karena distribusi produk yang luas, gallon Aqua menggunakan material yang kuat dan tahan lama dan telah memenuhi standar BPOM. (Sehingga) dijamin keamanannya bagi konsumen," tutur Azwar.

(prf/eny)