Tren Berkebun di Rumah

Tren Saat Corona, Cerita Mereka yang Tanam Sayuran di Rumah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 01 Agu 2020 10:00 WIB
Puti Andam sedang berkebun di rumahnya Tren berkebun menanam sayuran di rumah. Foto: Instagram @rarasekar
Jakarta -

Pandemi corona membuat aktivitas manusia dibatasi dan diwajibkan untuk #dirumahaja. Waktu yang banyak dihabiskan di rumah ini akhirnya menimbulkan hobi yang selama ini tak terpikir untuk dilakukan. Salah satu hobi yang tren di tengah pandemi ini adalah berkebun menanam sayuran.

Menanam sayuran selain bisa lebih hemat karena kamu tak perlu membelinya lagi juga menyehatkan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kamu dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti pengalaman tiga wanita yang hobi menanam sayuran ini. Kepada Wolipop, ketiga wanita tersebut berbagi kisahnya. Mereka ada yang baru mulai sejak pandemi dan sudah lama berkebun di rumah.

Puti Andam Dewi Oka mengatakan mulai menanam sayuran microgreens atau tanaman sayuran yang berukuran kecil ketika pandemi Corona terjadi. Selain itu juga Puti mengoleksi tanaman hias untuk mempercantik rumahnya.

Puti Andam sedang berkebun di rumahnyaPuti Andam sedang berkebun di rumahnya Foto: Dok. pribadi Puti Andam

"Mungkin karena lihat teman-teman juga sekarang lagi pada suka nanam. Jadi lebih semangat dan lebih sering nanya-nanya atau konsul sama teman-teman. Karena banyak #dirumahaja, sekarang memang hobi banyak beralih ke ngurus rumah," kata Puti saat dihubungi Wolipop, Rabu (29/7/2020).

Berbeda dengan Puti, karyawan swasta yang bernama Renny Budiarti ini sudah menanam sayuran sejak dua tahun yang lalu. Mulai dari menanam cabai rawit, daun bawang, bawang putih, paprika, pandan, salam hingga daun salam koja. Selain sayuran ada beberapa buah seperti markisa, jeruk nipis, strawberry, mangga dan lainnya yang ditanam Renny.

Tanaman di rumah SylkeTanaman di rumah Sylke Foto: Dok. pribadi Sylke.

Wanita yang hobi bercocok tanam lainnya adalah Sylke Febrina Laucereno yang memulai menanam sayuran di rumah sejak awal 2019. Ia menanam cabai, tomat, pepaya, daun pandan, pohon bunga pacar air, jeruk keprok dan buah naga. Semenjak pandemi dan Work From Home (WFH), Sylke mengatakan bisa mencoba menanam secara hidroponik, karena merasa punya waktu untuk mengurus lebih banyak jenis tanamannya.

"Sebenernya kesukaan nanam itu dari kecil. Karena dulu tinggal di kawasan Parung, Bogor dan bapak ngurusin kebun, sawah sama empang punya bosnya. Dia nanam banyak banget, mulai dari singkong, ubi, padi, cabai, tomat, jagung, ubi talas, kangkung, pisang, pohon dukuh, pohon alpukat, manggis, rambutan sampai buni juga dia punya. Empang isinya ikan emas, ikan mujair sampe entok. Dari situ akhirnya ikut-ikutan nanem di teras rumah,"ucap Sylke saat dihubungi Wolipop, Rabu (29/7/2020).

Ketiganya pun sama-sama memanfaatkan lahan yang berada di rumah mereka untuk berkebun #dirumahaja. Nah, kalau kamu gimana? Tertarik mencoba menanam sayuran di rumah?



Simak Video "Lagi #DiRumahAja, Cobain Berkebun Sayur di Lahan Sempit"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)