Mumpung Weekend, Yuk Detoks Kamar Tidur dengan 5 Cara Ini

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 25 Jul 2020 15:30 WIB
ilustrasi kamar Ilustrasi kamar tidur. Foto: iStock
Jakarta -

Tak seperti namanya, kamar tidur sering dijadikan ruangan untuk melakukan banyak hal selain beristirahat. Karena itu, kadang kamar justru menjadi terlalu ramai yang bikin tidur kurang berkualitas. Pakar tidur Genevieve Rosen-Billen pun memberikan lima cara mendetoks kamar tidur agar lebih 'bersih' sehingga bisa relaks dan istirahat dengan baik berikut ini.

1. Kamar Tanpa Layar
Karena kecanggihan teknologi, banyak orang justru tidak beristirahat dengan baik. Diketahui jika menonton, bekerja, atau membuka media sosial dari berbagai gadget yang dilakukan di kamar bisa bikin sulit tidur. Karenanya jika bisa keluarkan televisi, laptop, bahkan handphone dari area tempat tidur.

"Layar adalah stimulan, mereka membuat otakmu mendesis dan berputar-putar hingga malam, menghalangi kesempatan kamu tidur secara natural," katanya kepada Dailymail.

2. Pasang Jam Weker
Banyak orang memakai alarm di handphone untuk membangunkan mereka. Meski kini banyak ditinggalkan, Genevieve malah menyarankan jam weker dari pada handphone adalah karena bisa menghindarkan dari cahaya biru. Ketika terbangun tengah malam dan ingin melihat jam, kamu tak perlu berhadapan dengan cahaya biru handphone yang bisa merusak tidur. Kamu pun bisa menaruh handphone di area yang sulit dijangkau.

3. Upgrade Tempat Tidur
Manfaatkan libur akhir pekan untuk meng-upgrade tempat tidur untuk istirahat yang lebih baik. Terlebih jika dirasa kurang nyaman, kamu bisa mengganti kasur, bantal, guling, bahkan rangka tempat tidur dengan yang lebih berkualitas. "Untuk rangka tempat tidur, pertimbangkan yang terbuat dari material besi daur ulang dan tanpa VOC (Volatile Organic Compounds) yang dapat berdampak negatif pada kualitas udara dalam kamar kamu,"

4. Ganti Sprei
Jika tidak sempat di hari-hari kerja, kamu bisa mengganti sprei saat akhir pekan. Utamakan sprei dengan bahan serat alami seperti flax linen karena bisa membuat meregulasi temperatur tidur karena mendukung pergerakan udara di sekitar tubuh. Hindari pula bahan yang membuat iritasi dan alergi.

5. Singkirkan Barang Tak Terpakai
Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membuang barang-barang tidak penting di kamar. Simpan benda-benda yang memang terpakai dan punya pengaruh positif. Jangan lupa rapikan letaknya agar tidak menimbulkan stres visuall yang bisa berdampak pada kualitas tidur.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)