7 Manfaat Menarik Ketimun, Bersihkan Sepatu Hingga Mengurangi Bau Mulut

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 15 Apr 2019 08:36 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Ketimun mungkin jarang Anda temui di keseharian sebagai bahan makanan utama. Buah tersebut lebih sering dijadikan lalapan, acar, atau penghias makanan.

Tapi tahukah Anda jika ketimun sebenarnya lebih berguna dari sekadar pelengkap kuliner? Terungkap dari grup Facebook para ibu, ketimun ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan hingga membersihkan rumah.

1. Camilan Sehat
Merasa lapar tapi tak mau ngemil yang bikin gemuk? Anda bisa mengandalkan manfaat ketimun sebagai camilan. Mungkin rasa ketimun tidak seenak keripik atau kue namun buah tersebut diketahui mengandung banyak vitamin. Dalam ketimun terkandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, folic acid, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, phosphorus, potassium, dan zinc.


2. Cegah Hama
Postingan dari grup di Facebook itu pun sukses mengejutkan sesama ibu-ibu yang baru mengetahui bahwa ketimun bisa digunakan untuk melindungi tanaman lain. Caranya adalah dengan menambahkan beberapa potong timun di kebun. Dikatakan jika aroma ketimun tidak disukai hama dan membuatnya menjauhi tanaman.
7 Manfaat Menarik Ketimun, Bersihkan Sepatu Hingga Mengurangi Bau MulutFoto: thinkstock

3. Kurangi Selulit
Untuk kecantikan, ketimun bisa bermanfaat untuk mengurangi selulit. Caranya adalah dengan menggosokkan satu atau dua potong timun di areanya yang bermasalah sebelum keluar rumah. Fitonutrien dalam ketimun ternyata dapat mengencangkan kolagen dan lapisan luar kulit serta mengurangi tampilan selulit hingga keriput.

4. Bersihkan Sepatu Kulit
Siapa sangka jika salah satu manfaat ketimun adalah bisa membersihkan sepatu kulit. Sebelumnya keluar rumah, coba gosokkan ketimun pada sepatu agar tampilannya tetap bagus dan mencegah air masuk.

5. Perbaiki Engsel Bunyi
Untuk rumah, ketimun dapat digunakan untuk memperbaiki engsel pintu yang berbunyi atau bekerja dengan kurang baik. Coba saja gosokkan bagian ketimun pada area yang bermasalah untuk mencegahnya berbunyi.
7 Manfaat Menarik Ketimun, Bersihkan Sepatu Hingga Mengurangi Bau MulutFoto: ilustrasi/thinkstock


6. Bersihkan Wastafel
Manfaat lain dari ketimun yang mungkin tidak Anda ketahui adalah untuk membersihkan bagian rumah. Anda bisa menggunakan ketimun untuk mencuci wastafel dan barang stainless steel. Seperti manfaat-manfaat lainnya, yang perlu dilakukan adalah menggosok ketimun pada area-area yang bermasalah. Bisa juga digunakan untuk menghapus coretan krayon pada tembok.

7. Menyegarkan Napas
Makan ketimun bisa jadi menyegarkan napas. Buah tersebut bisa bermanfaat untuk membuat aroma napas lebih segar. Caranya adalah ambil potongan ketimun lalu tempelkan di langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik. Kandungan ketimun ternyata dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. (ami/hst)