Rumah Mungil Juga Bisa Jadi Instagramable, Desainer Interior Bagi Tipsnya

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 18 Apr 2018 07:50 WIB
Foto: Instagram/Yuni Jie Foto: Instagram/Yuni Jie

Jakarta - Mendambakan hunian yang nyaman sekaligus Instagramble? Tapi tabungan hanya cukup untuk membeli rumah atau apartemen berukuran mungil? Desainer interior ternama Tanah Air, Yuni Jie, punya tips untuk menyiasatinya.

Banyak kaum milenial yang memilih hunian mungil mengingat harganya yang bersahabat dengan kantong. Mungkin kamu termasuk salah satunya.

Ukuran rumah yang kecil sejatinya bukan faktor penghalang untuk berkreasi dalam mewujudkan sebuah konsep hunian yang tak hanya nyaman tapi juga stylish dengan elemen-elemen kekinian.

Foto: Instagram/Yuni Jie

Menurut Yuni Jie, pencahayaan alami menjadi salah satu kuncinya. "Pastikan saat membeli rumah atau apartemen, pencahayaan alaminya cukup agar ruangan terlihat lebih luas," ujar Yuni Jie yang ditemui saat fashion show Dulux Ambience Fashion Nation 2018 di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Baca Juga: Tips Menata Rumah dengan Gorden yang Jadi Tren Interior 2018

Bila ruang kurang mendapat cahaya alami, tambah Yuni, pemakaian cermin bisa menjadi opsi untuk menyiasatinya. Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan furnitur yang harus sesuai dengan ukuran ruangan. "Banyak orang yang impulsif beli furnitur tapi nggak pas dengan ukuran ruangannya. Sebaiknya pilih furnitur yang proporsional dengan ruangan," jelas desainer yang bergelar Master of Industrial Design dengan predikat honor of excellence dari Pratt Institute New York ini.

Kombinasi furnitur built-in dan loose sangat disarankan. Furnitur built-in akan sangat berguna bila kamu kekurangan ruang untuk menyimpan barang-barang.
Foto: Instagram/Yuni Jie

Untuk menghindari tampilan yang mononton, andalkan benda-benda seni sebagai penghias. Opsi lain bermain warna dengan benda-benda kecil, seperti bantal dan vas.

Sementara itu, pilihan cat bisa disesuaikan dengan selera. Agar tak terkesan berlebihan, pilih satu warna mencolok pada satu sisi dinding sebagai focal point.

Baca Juga: Tips Menata Rumah yang Memiliki Ruangan Sempit
(dng/hst)