ADVERTISEMENT

Cara Praktis Membersihkan Kasur Tanpa Harus Memindahkan Barang

Hestianingsih - wolipop Kamis, 14 Apr 2016 08:35 WIB
Foto: Thinsktock/Andrew Olney
Jakarta - Kapan terakhir kali Anda membersihkan kasur atau matras tidur? Kemungkinan sangat jarang bahkan mungkin tidak pernah membersihkannya sekalipun sejak dibeli.

Membersihkan kasur atau matras tidur memang bukan pekerjaan rumah tangga yang mudah. Anda perlu memindahkannya ke ruangan lain untuk disikat atau dicuci, belum lagi mengangkut ke luar untuk menjemurnya.

Membersihkan matras tidur dengan cara konvensional pun bisa jadi tidak maksimal karena bisa jadi penjemuran kurang sempurna sehingga kasur justru jadi lembap dan mengundang lebih banyak kuman.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu di permukaan kasur. Sekali lagi, cara ini juga kurang efektif karena tidak bisa menghilangkan bau apek atau tidak sedap dari kasur yang sudah lama tidak dibersihkan.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara praktis untuk membuat kasur atau matras tidur Anda beraroma lebih segar. Pakar kebersihan rumah Pippa Ashman menyarankan untuk menggunakan baking soda.

Taburkan baking soda ke seluruh permukaan matras dan diamkan selama lebih kurang delapan jam. Setelah itu sedot serpihan baking soda dengan vacuum cleaner, dan, voila! Kasur pun tidak bau apek lagi.

"Baking soda menyingkirkan bau dengan menyeimbangkan level pH yang ada pada material penyebab bau tak sedap, dalam hal ini, matras Anda sendiri. Yang paling bagus dari metode ini adalah Anda tidak perlu memindahkan matras saat membersihkannya, tapi tempat tidur bisa tetap bersih dan beraroma segar," ujar Pippa, seperti dikutip dari Daily Mail. (hst/hst)