ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Kisah Wanita Jadi Mualaf Usai Dengar Adzan di Pagi dan Malam Hari

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 01 Jun 2022 06:00 WIB
Kisah wanita viral mantap jadi mualaf. Kisah perjalanan mualaf viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @theretria.
Bekasi -

Wanita ini membagikan perjalanan mualafnya lewat akun TikTok @theretria. Dia mulai mempelajari ilmu agama Islam melalui buku saat pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia.

Akun TikTok @theretria memperlihatkan sejumlah buku yang ia jadikan panduan. Mulai dari buku tentang agama Islam, pedoman lengkap salat wajib dan sunah, dan dzikir.

"Aku mulai belajar agama Islam. Mengucapkan dua kalimat syahadat (30/1/2022). Sekarang aku ingin mempersiapkan untuk Ramadhan pertama," ungkap akun TikTok @theretria.

Dalam video berdurasi 17 detik itu, dia terlihat mengenakan hijab saat mengucapkan dua kalimat syahadat. Pada 2022 ini menjadi pengalaman pertamanya menjalankan puasa dan Lebaran. Video kisah wanita menjadi mualaf tersebut sudah ditonton lebih dari 2,7 juta views dan mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Cerita dong kak, kok bisa masuk Islam," ucap @ʙʟᴏᴏᴍɪɴɢʟᴏᴠᴀ.

"Aku juga mau jadi Mualaf😭," ujar akun @MariaVelicyaTan.

"Istiqomah sampai Husnul khatimah ok,,kamu isyaalah dan benar...selamat saudaraku," saut akun @Anak Ayah742.

"Istiqomah berhijab ya kakak," timpal akun @Zonzi Bizi.

"Semangat 💪
Semoga istiqomah dan bahagia lahir batin 🙏," kata akun @edy.nnxambr.

@theretria Alhamdulillah🤍 #mualaf #islam #ramadhan #revert ♬ night changes - 𝘴𝘭𝘰𝘸 𝘴𝘰𝘶𝘯𝘥𝘴 ♪

Konfirmasi Wolipop

Wolipop menghubungi Theresia Tri Utami, sebagai pemilik akun TikTok @theretria. There mengungkapkan alasan mantap menjadi mualaf.

"Jadi aku itu mengalami kejadian cukup nggak normal di awal tahun 2021. Jadi aku denger adzan di saat di jam bukan adzan malam. Kayak jam 9 malam, 10 malam, jam 1 bahkan jam 7 pagi atau 9 pagi. Aku dengar cukup sering tapi setiap hari kedengeran jelas tapi jauh," ucapnya.

There bingung apa yang ia rasakan. Semakin ia menyangkal batinnya merasa ada yang mengganjal. "Aku sampai berdoa, kalau misalkan ini hidayah atau panggilan aku harus pindah ke Islam. Aku ingin diberikan lewat restu orangtua dan teman-teman aku," kata There.

Wanita yang tinggal di Bekasi itu lalu memutuskan untuk diskusi dengan keluarganya. There juga meminta izin kepada kedua orangtua dan keluarganya untuk menjadi mualaf.

"Alhamdulillah Oktober 2021 aku memberanikan meminta restu, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Orangtua, keluarga dan semuanya. Karena aku sudah mendapatkan restu, ini adalah jawaban dari Allah dan mengejar hidayah," ujar There merasa lega.

Foto  Theresia Tri Utami.Foto Theresia Tri Utami. Foto: Dok. pribadi Theresia Tri Utami.

Anak bungsu dari tiga orang bersaudara itu menuturkan mantap menjadi mualaf pada 30 Januari 2022. Hingga kini dia masih beradaptasi dengan perubahan yang dialaminya.

"Rintangan saat ini lebih ke adaptasi aja yang sebelumnya orang tahunya aku non muslim. Sekarang aku jadi harus sabar dan tenang aja ngerespon reaksi orang-orang yang baru tahu aku mualaf," ungkap There kepada Wolipop lewat pesan singkat, Jumat (27/5/2022).

Ia bersyukur karena mendapatkan dukungan penuh dari orang terdekatnya. "Reaksi orangtua dan sahabat benar-benar mendukung banget, speechless sih waktu minta izin ke mereka. Tadinya mengira bakal dilarang ternyata mereka support dengan catatan aku nggak boleh main-main dalam ambil keputusan ini," tutur There.

Kisah wanita viral mantap jadi mualaf.Kisah wanita viral mantap jadi mualaf. Foto: Dok. TikTok @theretria.

Setelah menjadi mualaf There merasa semakin mempunyai hubungan yang dekat dengan Allah SWT. Dan dia masih berusaha memantapkan hati untuk menutup aurat (berhijab).

"Reaksi aku pertama kali pakai hijab jujur 'wah ternyata tidak mudah ya pakai hijab'. Maka dari itu sekarang aku masih proses memantapkan hati dan masih belajar juga soal menutup aurat," jelasnya.

(gaf/eny)