ADVERTISEMENT

Tren Ramadan: Khimar Makin Jadi Primadona di Tanah Abang

Silmia Putri - wolipop Kamis, 24 Mei 2018 12:27 WIB
Khimar syar'i tren Ramadan Tanah Abang. Foto: Silmia Putri/Wolipop
Jakarta - Tahun berganti, semakin banyak muslimah Indonesia yang memutuskan untuk berhijrah. Kemudahan belajar agama di era digital ini membuat pengetahuan agama bisa didapatkan dengan mudah.

Memakai pakaian syar'i sebagai bagian dari proses berhijrah pun menjadi tren, khususnya di bulan Ramadan. Tak hanya untuk mereka yang telah berhijrah, pakaian syar'i yang tertutup juga sering dijadikan 'kostum' untuk pergi ke pengajian atau ibadan lainnya di bulan Ramadan.

Hal ini memengaruhi penjualan pakaian syar'i di pasaran. Sejumlah desainer hingga toko-toko online di media sosial berlomba menjual hijab syari berbagai model.

Tren Ramadan: Khimar Makin Jadi Primadona di Tanah AbangTren Ramadan di Tanah Abang. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Salah satu penjualan busana syar'i terbesar di Indonesia berada di Tanah Abang, Jakarta. Tepatnya di Blok A Tanah Abang, penjual busana syar'i makin marak di bulan Ramadan.

Namun, berbeda dengan desain busana syar'i karya desainer, busana syar'i di Tanah Abang tampak kompak menjual desain yang mirip. Dari sejumlah toko yang ditemui di Tanah Abang, busana syar'i kebanyakan terdiri dari khimar dan gamis berbahan sifon. Warna yang ditawarkan pun tak jauh-jauh dari warna bernuansa feminin seperti merah muda, hijau, krem, dan cokelat.

Baca juga: Tren Ramadan: Baju Koko Black Panther Laris Manis di Tanah Abang

Ada yang menjual sepaket khimar dan dress, ada pula yang dijual terpisah. Harga khimar syar'i berpotongan panjang mulai dari Rp 100.000 per potong. Harga paketnya pun bervariasi, mulai darga Rp 300.000 satu set.

Meski kebanyakan menggunakan jenis kain yang sama yaitu sifon, model khimar cukup bervariasi. Kebanyakan khimar yang ditawarkan bermain pada potongan bagian depan, seperti detail ruffle atau layering.

Untuk tampilan lebih spesial, aksen seperti payet masih jadi primadona. Namun, tak seperti dress pada umumnya, aksen payet pada khimar set syar'i biasanya lebih simple. Alasannya adalah untuk mengikuti aturan berpakaian syar'i yang tak boleh berlebihan.

Baca juga: Gamis Seperti Ini Jadi Tren Baju Lebaran 2018 di Tanah Abang

Salah satu toko khimar syar'i yang terkenal di Tanah Abang, Darabira menjual gamis set dengan harga cukup tinggi dibandingkan yang lain. Penjaga toko Darabira menunjukkan salah satu gamis yang paling dicari berupa gamis set berbahan sifon dengan aksen payet.

Tren Ramadan: Khimar Makin Jadi Primadona di Tanah AbangTren khimar saat Ramadan di Tanah Abang. Foto: Anggi Mayasari/Wolipop

"Ini nih salah satu yang banyak dicari, harganya Rp 800.000 satu set," ungkap penjaga toko Darabira Tanah Abang kepada Wolipop pada Selasa (22/05/2018).

Menurut penjaga toko tersebut, khimar dan gamis berbahan sifon ceruti masih jadi yang paling laris. Ada sekitar ratusan khimar terjual setiap harinya untuk satu toko saja.


(sil/sil)