ADVERTISEMENT

Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahannya

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 10 Jan 2023 05:00 WIB
Doa dan niat Sholat Taubat Doa Sholat Taubat. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Ketika seorang hamba Allah melakukan dosa, sholat taubat bisa dikerjakan untuk meminta ampun. Berikut bacaan doa sholat taubat yang bisa dilafalkan lengkap dengan Arab dan terjemahannya.

Setiap manusia tak luput dari kesalahan dan perbuatan dosa. Namun, saat seorang muslim menyadari dosa yang telah dibuatnya baik sengaja atau tidak sengaja, memohon ampun kepada Allah adalah cara terbaik untuk memperoleh keberkahan hidup.

Sholat taubat ini dilakukan sebagai cara kita sebagai manusia memohon ampun kepada Allah SWT. Pada hadits Sahih Muslim menyebutkan bahwa ketik seorang melakukan dosa dan dia melakukan wudhu dengan baik, lalu berdiri dan berdoa dua rakaat, dan meminta ampun kepada Allah, Allah memaafkannya.

Abu Hurairah juga menyebutkan : Rasulullah berkata, "Ketika seorang Muslim, atau seorang mukmin, mencuci wajahnya (dalam wudhu), setiap dosa yang dia lakukan dengan matanya , akan dibasuh dari wajahnya dengan air, atau dengan tetes air terakhir; ketika dia mencuci tangannya, setiap dosa yang dilakukan oleh tangannya akan dihapus dari tangannya dengan air, atau dengan tetes air terakhir ; dan ketika dia membasuh kakinya, setiap dosa yang dilakukan kakinya akan dibasuh dengan air, atau dengan tetes air yang terakhir; sampai akhirnya dia keluar dengan bersih dari segala dosanya."

Bagaimana cara sholat taubat?

Taubat adalah tindakan sederhana untuk kembali kepada Allah dan meminta pengampunan. Jadi pertanyaannya tetap apakah Allah akan mengampuni dosa? dan bagaimana dengan dosa yang paling berat seperti zina atau bahkan lebih buruk dari ini?

Nabi (saw) bersabda: Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada dan ikutilah keburukan dengan kebaikan, Sesungguhnya kebaikan itu menghapus keburukan. (At-tirmidzi)

Allah berfirman dalam surat Al-Zumar ayat 53:

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Katakanlah, Wahai hambaku yang menganiaya dirinya sendiri, jangan berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa, Sesungguhnya dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Langkah-langkah Sholat Taubat

1. Berwudhu
2. Mengerjakan sholat taubat dua rakaat
3. Mohon ampun untuk dosa - dosa besar atau dosa, semua dosa.

Bacaan Niat Sholat Taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

"Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala."

Artinya:
"Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT."

Bacaan Doa Sholat Taubat

Setelah melakukan sholat taubat dua rokaat, selanjutnya membaca doa. Bagaimana bacaan doa sholat taubat?

Diawali dengan istigfar terlebih dahulu, berikut doa sholat taubat bahasa Arab:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Doa Sholat Taubat Latin:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Arti Doa Sholat Taubat

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambaMu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Demikianlah doa sholat taubat yang bisa diamalkan. Yuk amalkan bacaan tersebut agar diberikan pengampunan oleh Allah SWT.



Simak Video "Potret Jokowi Beli Sepatu Kets Corak Tenun di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)