ADVERTISEMENT

Bacaan Doa Awal Haid yang Bantu Redakan Nyeri Perut

Arina Yulistara - wolipop Senin, 24 Okt 2022 09:02 WIB
Doa Awal Haid Doa Awal Haid. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Sedang haid? Yuk amalkan doa awal haid yang bisa bantu kamu lebih sehat dan redakan nyeri perut.

Haid hari pertama terkadang terasa menyiksa. Untuk itu, tak ada salahnya meminta pertolongan Allah SWT dengan mengamalkan doa awal haid.

Meski kamu dilarang salat dan memegang Al Quran saat haid karena termasuk hadast besar namun tetap bisa mengamalkan doa-doa yang disunnahkah. Di samping membaca doa awal haid, kamu juga bisa bersholawat, zikir, hingga mendengarkan lantunan ayat Al Quran.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengamalkan doa awal haid saat datang bulan. Selain bisa membantu meredakan nyeri haid juga banyak manfaat yang didapat.

Mengutip buku 'Keutamaan Doa & Dzikir' karya M. Khalilurrahman Al Mahfani, berikut amalan doa awal haid hingga selama menstruasi:

A) Doa Awal Haid

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya:

"Segala puji bagi Allah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."

Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa wanita haid yang membaca doa di atas maka bebas dari api neraka. Bahkan Allah SWT akan mengangkat derajatnya.

"Tidaklah seorang wanita yang haid itu, kecuali haidnya merupakan kafarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidnya membaca 'Alhamdulillaahi ala kulli hailin wa astaghfirullah', maka Allah SWT menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui siratalmustakim yang aman dari siksa. Bahkan Allah SWT mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 orang mati syahid apabila dia selalu berdzikir kepada Allah SWT selama haidnya." (Kitab Munajatun Nisa oleh Ibnu Watiniyah)

B) Doa Awal Haid untuk Redakan Nyeri Perut

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma adzhibil ba'sa rabban naasi wasyfi fantasy syaafii laa syiffaa 'an syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit." (HR. Bukhari)

C) Doa yang Bisa Diamalkan Selama Menstruasi

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij'al muqiimash shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa

Artinya:

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhan kamu, perkenankanlah doaku."

Sudahkah kamu hapal amalan doa awal haid yang memiliki makna luar biasa?



Simak Video "Kim Kardashian Kecam Kampanye Boneka 'BDSM' Anak Balenciaga"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)