ADVERTISEMENT

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Perlu Dipahami Wanita

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 06 Agu 2022 12:00 WIB
Tata cara mandi wajib setelah haid Tata cara mandi wajib setelah haid. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Tata cara mandi wajib setelah haid sedikit berbeda dengan usai berhubungan seks. Perbedaannya terletak pada niat mandi wajib.

Untuk wanita, memang ada tiga perbedaan niat mandi wajib tergantung tujuannya, baik usai berhubungan seks, tata cara mandi wajib setelah haid, atau habis masa nifas. Kamu perlu memahaminya agar ibadah menjadi lebih sempurna.

Anjuran mandi wajib setelah haid tertuang dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang berbunyi;

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

Mengutip buku 'Fiqh Ibadah' oleh Zaenal Abidin, mari simak tata cara mandi wajib setelah haid yang perlu dipahami wanita. Baca niat mandi wajib sesuai tujuan ya:

1. Niat Mandi Wajib

Tata cara mandi wajib setelah haid yang pertama dengan membaca niat terlebih dahulu. Bagaimana bunyi bacaan niat mandi wajib setelah haid?

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala

Artinya:

"Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala."

2. Basuh Kedua Tangan

Setelah membaca niat, mulailah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Dianjurkan banyak tiga kali seperti ketika sedang berwudhu.

3. Bersihkan Area Intim

Setelah membasuh kedua tangan, langsung membersihkan area intim. Membersihkan area intim menjadi langkah awal tata cara mandi wajib setelah haid karena bagian tersebut dianggap 'kotor' jadi harus dibersihkan.

4. Cuci Kembali Kedua Tangan

Usai membersihkan area intim, cuci kembali kedua tanganmu agar bersih. Kamu bisa menggunakan sabun biar lebih bersih.

5. Gerakan Wudhu

Lakukan gerakan wudhu tanpa membaca niat wudhu. Setelah cuci tangan, kamu bisa berkumur, membasuh hidung, wajah, hingga kaki sebanyak masing-masing tiga kali.

6. Siram Kepala

Setelah itu, lanjutkan dengan menyiram kepala dan menggunakan sampo. Tata cara mandi wajib setelah haid khusus untuk wanita tidak seperti pria saat menyiram kepala.

Untuk wanita sunah hukumnya memisah-misahkan rambut dengan jari-jari tangan. Menyela-nyela rambut dengan jari tangan hanya wajib dilakukan pria.

7. Siram Seluruh Tubuh dari Kanan ke Kiri

Langkah terakhir dari tata cara mandi wajib setelah haid bisa dengan menyiram seluruh tubuh, dianjurkan mulai dari bagian kanan baru kiri. Usap semua bagian tubuhmu untuk meyakinkan telah benar-benar kembali suci setelah haid.

Apa kamu sudah memahami tata cara mandi wajib setelah haid?



Simak Video "Kaesang Siapkan Undangan Untuk Netizen: 10 Undangan Cukup?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)