ADVERTISEMENT

Malaikat Malik Bertugas Jaga Pintu Neraka, Ini Sifat dan Wujudnya

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 17 Sep 2022 06:00 WIB
Tugas Malaikat Malik Tugas Malaikat Malik. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Tidak hanya itu, ada pun sifat malaikat malik dan wujudnya yang perlu kamu pahami.

Percaya kepada malaikat-malaikat Allah SWT termasuk rukun iman ke-2 dalam agama Islam. Salah satunya mempercayai hadirnya malaikat Malik yang bertugas menjaga pintu neraka.

Kehadiran malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka sudah ditetapkan dalam firman Allah SWT lewat surat Az Zukhruf ayat 77 yang berbunyi;

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ - ٧٧

Artinya:

"Dan mereka berseru, 'Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.' Dia menjawab, 'Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini)'."

Yuk memahami lebih lanjut mengenai malaikat malik yang bertugas menjaga neraka, dilansir dari detikEdu.

A) Malaikat Malik Bertugas Menjaga Neraka

Malaikat Malik bertugas menjaga neraka dan menggiring orang-orang kafir ke neraka jahanam. Ahli tafsir Ibnu Katsir mengatakan bahwa para orang kafir digiring ke neraka dengan penuh intimidasi.

Berdasarkan 'Buku Pintar Hari Akhir oleh Abdu Muhsin al-Muthairi', malaikat Malik juga bertugas bertanya kepada orang kafir saat pintu neraka dibuka. Selain itu, menghukum orang kafir dengan siksaan api neraka.

Yang terakhir, malaikat Malik bertugas memohonkan syafaat kepada Allah SWT agar siksaan orang kafir diringankan.

B) Didampingi 19 Malaikat

Malaikat Malik didampingi 19 malaikat Zabaniyah saat bertugas menjaga neraka. Hal ini tertuang dalam Al Quran surat Al-Mudassir ayat 26 sampai 31 yang berbunyi;

سَأُصْلِيهِ سَقَرَ (٢٦) وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ (٢٧) لا تُبْقِي وَلا تَذَرُ (٢٨) لَوَّاحَةٌ لِلْبَشَرِ (٢٩) عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَ (٣٠) وَمَا جَعَلْنَا أَصْحَابَ النَّارِ إِلا مَلائِكَةً وَمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ إِلا فِتْنَةً لِلَّذِينَ كَفَرُوا لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا وَلا يَرْتَابَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْمُؤْمِنُونَ وَلِيَقُولَ الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ وَالْكَافِرُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلا كَذَلِكَ يُضِلُّ اللَّهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلا هُوَ وَمَا هِيَ إِلا ذِكْرَى لِلْبَشَرِ (٣١)

Artinya:

"Kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Dan tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Ia (Saqar itu) tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, yang menghanguskan kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat: dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi Kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir berkata:

'Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?" Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia'."

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya, malaikat Zabaniyah merupakan malaikat juru siksa atau malaikat azab. Malaikat Zabaniyah digambarkan memiliki penglihatan bagaikan kilat yang menyambar dan rupa mengerikan.

Bagaimana dengan sifat dan wujud malaikat Malik sendiri?

C) Sifat Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka, tak heran bila memiliki sifat yang keras dan perkasa. Bahkan malaikat Malik digambarkan tidak pernah tersenyum.

Mengutip buku Malaikat Malik Penjaga Neraka karya Mansur Abdul Hakim, terdapat kisah Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan miraj ke Sidrat al-Muntaha. Saat itu, Rasulullah SAW bersabda:

"Para malaikat menemuiku ketika aku masuk ke langit dunia. Tidaklah malaikat menemuiku melainkan dia senyum dan gembira. Dia berkata baik dan menyuruh datang hingga ada salah satu malaikat menemuiku. Lalu dia mengatakan seperti apa yang mereka katakan dan menyuruh datang seperti apa yang disuruh. Namun aku tidak melihat kegembiraan seperti yang aku lihat pada malaikat yang lain."

Lalu aku (Rasulullah) bertanya kepada Jibril, "Wahai Jibril, siapakah malaikat ini yang berkata kepadaku seperti perkataan para malaikat, namun dia tidak ketawa kepadaku dan aku tidak melihat kegembiraan darinya seperti yang aku lihat pada malaikat yang lain?"

Lalu Jibril menjawab, "Seandainya dia ketawa kepada seseorang sebelummu, atau dia ketawa kepada seseorang setelahmu, pasti dia juga akan ketawa kepadamu. Namun, dia tidak pernah ketawa. Dia adalah malaikat Malik sebagai penjaga neraka."

D) Wujud Malaikat Malik

Apakah wujud malaikat Malik yang bertugas menjaga pintu neraka menyeramkan karena tak pernah tersenyum? Ya, tentu saja menyeramkan.

Wujud malaikat Malik digambarkan memiliki tangan dan kaki yang banyak. Setiap kaki dan tangan bisa merantai semua orang kafir saat menyiksa mereka.

Itulah pemahaman mengenai malaikat Malik yang bertugas menjaga pintu neraka. Semoga kita akan menjadi ahli Surga Allah SWT dan tidak bertemu dengan malaikat Malik di akherat, amin.



Simak Video "Sains di Balik Cat Ajaib yang Jadi Gaun Bella Hadid"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)