ADVERTISEMENT

10 Malaikat dan Tugasnya yang Bisa Diajarkan ke Anak

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 03 Agu 2022 05:00 WIB
10 nama malaikat dan tugasnya Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Anak mulai masuk SD lalu belajar tentang 10 malaikat dan tugasnya? Mari kita ajarkan nama malaikat dan tugasnya sesuai agama Islam.

Ada 10 malaikat dan tugasnya yang perlu dipahami si kecil sejak dini. Kamu bisa mengajarkan anak tentang 10 malaikat dan tugasnya secara perlahan sehingga hapal dan memahami makna dari bunyi rukun Iman ke-2 dalam agama Islam yang berbunyi; 'Percaya kepada malaikat-malaikat Allah SWT'.

Dalam sebuah hadist juga menyebutkan mengenai enam rukun Iman yang menyebutkan bahwa umat Muslim harus percaya kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Tidak hanya percaya tapi akan lebih baik jika hapal 10 nama malaikat dan tugasnya.

الايمان أن تؤمن بالير وملكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمين بالقدر خيره وشره

Artinya:

"Keimanan itu ialah engkau akan percaya (beriman) pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir (kiamat) dan engkau akan percaya kepada takdir baik dan buruk dari pada-Nya." (HR. Muslim)

Sudah hapal 10 nama malaikat dan tugasnya yang mau diajarkan ke anak? Mari kita ingatkan kembali mengenai 10 nama malaikat dan tugasnya yang sesuai dengan ketetapan Allah SWT, seperti dikutip dari buku yang berjudul 'Malaikat dalam al-Qur'an: Yang Halus dan Tak Terlihat karya Quraish Shihab'.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

1. Malaikat Jibril, Tugasnya Menyampaikan Wahyu Allah SWT

Nama malaikat dan tugasnya yang pertama adalah Malaikat Jibril. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di samping itu, Malaikat Jibril tugasnya juga mengajarkan agama kepada umat Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Hal ini tertuang dalam surat An Nahl ayat 102 yang berbunyi;

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ ۙ
قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ - ١٠٢

Artinya:

"Katakanlah, 'Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)'."

2. Malaikat Mikail, Tugasnya Mengatur Rezeki

Malaikat Mikail tugasnya adalah mengatur rezeki dari Allah SWT kepada makhluk hidup di dunia. Selain itu, malaikat dan tugasnya yang menurunkan hujan, serta menyuburkan tanaman, juga menjadi bagian dari tugas Malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil, Tugasnya Meniup Sangkakala

Nama malaikat dan tugasnya untuk meniup sangkakala pada hari Kiamat adalah Malaikat Israfil. Malaikat Israfil dan tugasnya tertuang dalam surat Az Zumar ayat 68 yang berbunyi;

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ - ٦٨

Artinya:

"Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)."

4. Malaikat Izrail, Tugasnya Mencabut Nyawa

Ada pun Malaikat Izrail dan tugasnya mencabut nyawa semua makhluk hidup di dunia sehingga dikenal sebagai malaikat maut. Tugas Malaikat Izrail ada dalam firman Allah SWT lewat surat As Sajdah ayat 11 yang berbunyi;

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ - ١١

Artinya:

"Katakanlah, 'Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan'."

5. Malaikat Munkar, Tugasnya Bertanya di Alam Kubur

Nama malaikat dan tugasnya yang memberikan pertanyaan kepada orang mati di alam kubur adalah Malaikat Munkar. Setelah meninggal dunia, setiap orang akan ditanyakan mengenai amal perbuatannya di dunia oleh Malaikat Munkar.

6. Malaikat Nakir, Tugasnya Memberikan Pertanyaan di Alam Kubur

Nama malaikat dan tugasnya seperti Malaikat Munkar yang akan memberikan pertanyaan kepada orang mati di alam kubur adalah Malaikat Nakir. Malaikat Munkar dan Nakir akan bertanya kepada orang yang meninggal dunia setelah dikuburkan mengenai amal mereka selama hidup di dunia.

7. Malaikat Raqib, Tugasnya Mencatat Amal Baik Manusia

Malaikat Raqib memiliki tugas mencatat amal baik manusia. Malaikat Raqib juga mencatat niat baik manusia walaupun belum diwujudkan dalam bentuk tindakan.

Untuk itu, ajarkan anak berbuat baik sejak dini. Segala perbuatan baik, meski masih dalam bentuk niat sudah dicatat oleh Malaikat Raqib sesuai tugasnya yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

8. Malaikat Atid, Tugasnya Mencatat Amal Buruk Manusia

Kebalikan dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid tugasnya mencatat amal buruk manusia. Sesuai nama malaikat dan tugasnya, percaya pada Malaikat Raqib dan Malaikat Atid tertuang dalam surat Al Qaf ayat 18 yang berbunyi;

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ - ١٨

Artinya:

"Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)."

Selalu ingatkan agar anak menjauhi hal-hal buruk. Ingatkan kalau ada Malaikat Atid yang selalu siap mencatat perbuatan buruk manusia.

9. Malaikat Malik, Tugasnya Menjaga Pintu Neraka

Nama malaikat dan tugasnya menjaga pintu neraka adalah Malaikat Malik. Nama Malaikat Malik dan tugasnya sudah tertuang dalam Al Quran di surat Az Zukhruf ayat 77 yang berbunyi;

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ - ٧٧

Artinya:

"Dan mereka berseru, 'Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.' Dia menjawab, 'Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini)'."

10. Malaikat Ridwan, Tugasnya Menjaga Pintu Surga

Nama malaikat dan tugasnya yang berlawanan dengan Malaikat Malik adalah Malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan tugasnya adalah menjaga pintu surga.

Disebutkan dalam beberapa kisah Islami kalau Malaikat Ridwan akan menyambut dengan ramah semua hamba Allah SWT yang masuk surga.

Yuk ajarkan ke anak 10 malaikat dan tugasnya agar mereka hapal serta memahami makna dari bunyi rukun Iman ke-2.



Simak Video "Kaesang Siapkan Undangan Untuk Netizen: 10 Undangan Cukup?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)