ADVERTISEMENT

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Arab dan Latin yang Bisa Kamu Baca

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 13 Jul 2022 05:30 WIB
Young muslim woman praying in mosque while wearing prayer veil Doa setelah sholat dhuha dan artinya. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sholat dhuha merupakan ibadah sunnah dengan banyak keutamaan. Jadi, untuk melengkapi keutamaanya dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha. Apa doa setelah sholat dhuha?

Sesuai sabda Rasulullah SAW, salah satu keutamaan sholat dhuha yaitu sebagai bentuk sedekah. Ibadah ini juga memiliki keutamaan diampuni dosa-dosanya.

Abu Dzar melaporkan bahwa Nabi Muhammad bersabda:

"Amal diperlukan dari setiap bagian tubuh Anda setiap hari. Setiap ucapan 'Maha Suci Allah' adalah sedekah. Setiap kalimat 'Segala puji bagi Allah' adalah sedekah. Setiap ucapan 'Tiada Tuhan selain Allah' adalah sedekah. Setiap ucapan 'Allah Maha Besar' adalah sedekah. Memerintahkan kebaikan adalah sedekah. Membasmi kejahatan adalah sedekah. Dan yang cukup untuk itu (sebagai sedekah) adalah dua rakaat Dhuha."

Ini diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud.

Sholat Dhuha sering dikaitkan oleh banyak orang dengan kemudahan rezeki. Sebenarnya, ibadah ini memiliki lebih banyak pahala daripada rezeki, seperti pengampunan, taubat dan perlindungan dari kelalaian seperti yang terlihat dalam beberapa riwayat tentangnya. Salah satu riwayat yang menggambarkan maknanya adalah oleh Abu Hurairah r.a yang mengatakan:

"Sahabatku tercinta (Nabi s.a.w) menasehatiku untuk melakukan tiga hal: Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum tidur." (Sahih Al-Bukhari)

Waktu Sholat Dhuha

Waktu Dhuha dimulai setelah matahari terbit sepenuhnya yaitu sekitar 20 menit setelah Syuruq (07:30) dan sampai azan Zuhur. Sholat Dhuha 2 rakaat bisa kita lakukan selama waktu tersebut.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Seperti yang dianjurkan untuk terus berdoa kepada Allah s.w.t., setelah sholat dhuha pun begitu. Kamu dapat membaca doa setelah sholat dhuha dengan tulus dari hati.

Berikut ini bacaan doa setelah sholat dhuha yang bisa dilafalkan :

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى الْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ. اللهُمَّ اَتِنِى مَا اَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-dhuha-a dhuha-uka, wal-baha-a baha-uka, wal-jamala jamaluka, wal-quwwata quwwatuk, wal-qudrata qudratuk, wal-'ismata 'ismatuk.

Allahumma in kana rizqi fis-sama-i fa-anzilhu wa-in kana fil-ardhi fa-akhrijhu, wa-in kana ba'eedan faqarribhu, wa-in kana mu'assiran fa yassirhu, wa-in kana haroman fa-tahhirhu , bihaqqi dhuha-ika wa-baha-ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika.

Allahumma atini ma ataita 'ibadakas-soliheen

Artinya :

Ya Allah! Terangnya pagi (Dhuha) adalah Kecerahan-Mu, dan pancaran adalah Pancaran-Mu, dan keindahan adalah Kecantikan-Mu, dan keperkasaan adalah Keperkasaan-Mu, dan kekuatan adalah Kekuatan-Mu, dan perlindungan adalah Perlindungan-Mu.

Ya Allah. Jika rezekiku ada di surga, maka turunkan kepadaku, dan jika ada di bumi, maka keluarkan untukku, dan jika jauh, dekatkan kepadaku, dan jika penuh dengan tantangan. , maka permudahlah untukku, dan jika itu (sarana) yang diharamkan, maka sucikanlah untukku. Demi Kecerahan, Cahaya, Keindahan, Keperkasaan, dan Kekuatan-Mu, ya Allah, berilah aku apa yang telah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Itulah doa setelah sholat dhuha. Wallahu a'lam bisshawab.



Simak Video "Melihat Aksi Modeling ASN Tasikmalaya di Gebu Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)