Rangkaian Doa Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Rezeki di Pagi Hari

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 21 Jun 2022 05:16 WIB
Tren mukena untuk lebaran 2021. Foto: Dok.Instagram @elv.label.

Jakarta -

Melakukan dan membaca doa sholat dhuha menjadi salah satu amalan sunah yang paling disarankan. Terdapat banyak keutamaan menjalani dan membaca doa sholat dhuha pada pagi hari.

Salah satu keutamaan melakukan kemudian membaca doa sholat dhuha bisa membuka pintu rezekimu selebar-lebarnya. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist;

Abu Hurairah R.A, pernah mengatakan;

"Sahabatku tercinta (Nabi Muhammad SAW) menasehatiku untuk melakukan tiga hal, puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan sholat witir sebelum tidur." (HR. Al-Bukhari)

Dalam hadits juga disebutkan keutamaan dari ibadah dan doa sholat dhuha. Seperti yang dinarasikan oleh Abu Dzar;

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya:

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka'at." (HR. Muslim)

Keutamaan mengamalkan dan membaca doa sholat dhuha juga bisa melindungi dari segala sesuatu yang buruk serta diberikan ragam hal baik. Kamu bisa mencoba menjalani dan membaca doa sholat dhuha yang waktunya dilakukan pada pagi hari saja.

Waktu melakukan dan membaca doa sholat dhuha dimulai sejak matahari terbit sepenuhnya, sekitar 20 menit setelah syuruq (07:30) hingga adzan sholat dzuhur.

Kamu bisa melakukan sholat dhuha mulai dari 2 rakaat hingga 12 rakaat. Kemudian tidak lupa membaca doa sholat dhuha yang mustajab dan bisa menjadi pembuka pintu rezeki pada pagi hari.

Tidak hanya itu, membaca doa sholat dhuha juga bisa menjadi wujud taqwa dan salah satu caramu bertaubat kepada Allah SWT. Mari lakukan dan amalkan bacaan doa sholat dhuha.

Berikut bacaan doa sholat dhuha yang bisa kamu amalkan setiap hari:

1. Doa Sholat Dhuha Agar Rezeki Dimudahkan

Ini bacaan doa sholat dhuha agar dimudahkan rezekimu;

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka.

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahrirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu."

"Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

2. Doa Sholat Dhuha Agar Diberikan Petunjuk

Jika sedang dalam masalah dan mencari solusi, segeralah sholat dhuha. Kemudian baca doa sholat dhuha berikut ini agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى، وَالتُّقَى، وَالْعَفَافَ، وَالْغِنَى

Allahumma inni as'alukal-huda, wat-tuqa, wal-'afafa, wal-ghina

Artinya:

"Ya Allah aku memohon petunjuk, ketaqwaan, kesucian, dan kepuasan hanya kepada-Mu."

(eny/eny)