ADVERTISEMENT

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Serta Artinya Wajib Kamu Tahu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 08 Jul 2022 05:00 WIB
Doa keluar kamar mandi Doa keluar kamar mandi. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Umat muslim diajarkan sebelum melakukan sesuatu lebih baik didahului dengan doa, dari mulai hal yang paling sederhana sampai yang sifatnya penting. Termasuk aktivitas ke kamar mandi. Berikut doa masuk dan keluar kamar mandi.

Dalam ajaran agama Islam, kamar mandi atau toilet disebut sebagai salah satu tempat yang sangat disukai oleh jin dan setan. Sebaiknya, saat hendak mandi atau buang air kamu mengucapkan doa masuk dan keluar kamar mandi agar terhindar dari hal-hal buruk saat di kamar mandi.

Berikut ini adalah doa masuk dan keluar mandi

Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

"Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi."

Artinya:"Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan."

Doa masuk kamar mandi ini kamu baca saat mau masih berada di depan pintu kamar mandi. Dianjurkan untuk melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu ketika hendak masuk kamar mandi.

Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

"Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi azhaba 'annil adzaa wa'aafaanii."

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Saat ingin keluar kamar mandi sambil membaca doa, kamu dianjurkan agar menapakkan kaki kanan terlebih dahulu. Doa keluar kamar mandi agar terbebas dari segala penyakit yang bersarang di dalam kamar mandi.

Membaca doa masuk dan keluar dari kamar mandi disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebab setan dan jin senantiasa mengikuti manusia.

(gaf/eny)