ADVERTISEMENT

Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap dengan Artinya

Arina Yulistara - wolipop Senin, 25 Apr 2022 06:00 WIB
Doa Setelah Salat Tahajud Foto: Getty Images/iStockphoto/.shock

Jakarta -

Sudah hapal doa dan tata cara salat jenazah? Hukum melakukan dan membaca doa tata cara salat jenazah adalah fardhu kifayah.

Maksud fardhu kifayah adalah jika sekelompok orang yang semuanya laki-laki atau sekelompok perempuan membaca niat salat jenazah dan melaksanakannya maka gugurlah kewajiban itu untuk umat Muslim sekitarnya. Dengan demikian, kamu mungkin tidak memiliki kewajiban untuk pergi membaca doa dan melaksanakan tata cara shalat jenazah.

Meskipun begitu, tak ada salahnya menghapal serta memahami doa tata cara shalat jenazah. Saat kamu memahami doa tata cara shalat jenazah dan artinya maka bisa mengajarkan anakmu, terutama jika dia laki-kaki agar mengerti sejak dini.

Belum hapal doa tata cara shalat jenazah? Jika belum, berikut doa tata cara sholat jenazah lengkap dengan artinya seperti dikutip dari buku 'Rahasia Shalatnya Orang-orang Makrifat'.

Niat Salat Jenazah

Mulailah dengan menghapal niat dan doa tata cara shalat jenazah. Ada perbedaan niat tata cara shalat jenazah antara perempuan serta laki-laki.

Berikut bacaan niat tata cara shalat jenazah perempuan;

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzahihil mayyitati arba'a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma'muman lillahi ta'ala

Artinya:

"Saya niat salat atas jenazah perempuan ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta'ala."

Simak bacaan niat tata cara shalat jenazah laki-laki;

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzal mayyiti arba'a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma'muman lillahi ta'ala.

Artinya:

"Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta'ala."

Kamu bisa menghapal doa tata cara sholat jenazah pada takbir pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Hapalkan doa tata cara shalat jenazah, baik jenazah perempuan maupun laki-laki.

- Doa tata cara shalat jenazah pada takbir pertama


Baca Al Fatihah sebagai doa tata cara sholat jenazah pada takbir pertama. Letakkan tangan di atas pusar saat membaca Al Fatihah seperti shalat pada umumnya.

(eny/eny)