5 Doa Menjelang Persalinan Agar Lebih Tenang dan Cepat Melahirkan

Arina Yulistara - wolipop Senin, 21 Feb 2022 05:30 WIB
Doa menjelang persalinan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio Doa menjelang persalinan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Banyak wanita yang merasa gugup menjelang persalinan. Buat kamu yang beragama Islam, ada beberapa doa menjelang persalinan agar perasaan lebih tenang dan cepat melahirkan.

Membaca doa menjelang persalinan juga bisa membantu menghilangkan perasaan gelisah serta meredakan rasa sakit. Terutama ketika kamu sudah sering mengalami kontraksi palsu maka perlu membaca doa menjelang persalinan.

Doa menjelang persalinan tidak hanya bisa dibaca oleh ibu hamil yang akan melahirkan tapi juga para pendampingnya. Minta suami atau ibumu yang menemani untuk membaca doa menjelang persalinan.

Guna membaca doa menjelang persalinan tentu meminta pertolongan Allah SWT agar proses melahirkan lancar serta dikurangi rasa sakitnya. Ada beberapa doa menjelang persalinan yang bisa diamalkan saat kontrasi sebelum melahirkan.

Apa saja doa menjelang persalinan yang juga dilakukan Rasulullah SAW? Simak beberapa bacaan doa menjelang persalinan yang bisa kamu amalkan:

Doa Menjelang Persalinan dengan Membaca Ayat Kursi dan Al-A'raf

Salah satu doa menjelang persalinan yang bisa diamalkan dengan membaca surat Al-Baqarah ayat 255 dan Al-A'raf. Hal ini dilakukan Rasulullah SAW yang meminta kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A saat mendampingi Fathimah RA menjelang persalinan untuk membaca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255) dan surat Al-A'raf ayat 45.

Berikut kedua surat dalam Al Quran yang bisa dibaca sebagai doa menjelang persalinan:

Surat Al-Baqarah ayat 255:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Surat Al-A'raf ayat 45:

الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا وَهُمْ بِالْآخِرَةِ كَافِرُونَ

Artinya:

"(Yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan itu menjadi bengkok, dan mereka kafir kepada kehidupan akhirat."

Doa Menjelang Persalinan dengan Membaca Surat Al-Falaq dan An-Nas

Doa menjelang persalinan selanjutnya dengan membaca surat Al-Falaq serta surat An-Nas. Doa menjelang persalinan ini bisa dibaca oleh suami atau pendampingmu sebelum melahirkan.

Kedua surat yang menjadi doa menjelang persalinan ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW:

Surat Al-Falaq

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya:

"Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Surat An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

مَلِكِ النَّاسِۙ

اِلٰهِ النَّاسِۙ

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Artinya:

"Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

Doa Menjelang Persalinan yang Disarankan Rasulullah SAW, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesona IU-Kang Dong Won di Red Carpet Cannes Film Festival"
[Gambas:Video 20detik]