Bacaan Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah, Cocok Buat yang Insomnia

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 03 Des 2021 19:45 WIB
ilustrasi tidur Bacaan doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Kamu sering insomnia? Jangan berlarut-larut. Insomnia jangka panjang bisa merusak otakmu. Yuk baca doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah.

Penderita insomnia biasanya tidak bisa tidur atau tak nyenyak selama istirahat malam hari lalu bangun pagi seperti kelelahan. Dengan membaca doa agar tidur nyenyak bisa membantumu mendapatkan istirahat lebih baik.

Menurut American Psychiatric Association (APA), insomnia bisa mempengaruhi otak, merusak fokus, serta membuatmu sering linglung. Penyebabnya mungkin stres, perubahan kebiasaan tidur, sakit, jet lag, atau pengaruh obat-obatan.

Untuk itu, sebelum insomnia semakin parah yuk coba dengan mengamalkan doa agar tidur nyenyak setiap malam hari. Ada beberapa doa agar tidur nyenyak yang bisa kamu amalkan sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Allah SWT juga berfirman agar menjadikan malam untuk tidur dan beristirahat, seperti dalam surat Al Furqan ayat 47 yang berbunyi;

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ لِبَاسًا وَّالنَّوْمَ سُبَاتًا وَّجَعَلَ النَّهَارَ نُشُوْرًا - ٤٧

Artinya:

"Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha."

Buat kamu yang sulit memejamkan mata dan sering mimpi buruk pada malam hari, yuk amalkan doa agar tidur nyenyak agar lebih mudah rileks serta beristirahat. Berikut amalan doa agar tidur nyenyak yang bisa dibaca sebelum tidur.

Berikut Bacaan Doa Agar Tidur Nyenyak:

1. Doa Agar Tidur Nyenyak dengan Membaca Surat-surat Pendek

Dikutip dari dari islam.nu.or. id salah satu amalan doa agar tidur nyenyak dengan membaca surat Al Fatihah, Al Falaq, dan An Nas masing-masing satu kali. Ini termasuk amalan doa agar tidur nyenyak dan senantiasa dilindungi Allah SWT selama beristirahat.

2. Doa Agar Tidur Nyenyak Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika rabbî wadla'tu janbî wa bika arfa'uhu. In amsakta nafsî farhamhâ. Wa in arsaltahâ fahfazhhâ bimâ tahfazhu bihî 'ibâdakas shâlihin.

Artinya:

"Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh." (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-'Aidrus, Jakarta)

3. Doa Agar Tidur Nyenyak yang Umum

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Bismika Allahumma ahya wa amut

Artinya:

"Dengan nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan aku mati." (HR. Al-Bukhari)

Setelah membaca doa agar tidur nyenyak kemudian lanjut Ayat Kursi dan istighfar sebanyak tiga kali. Ingat, berwudhu sebelum tidur kemudian membaca doa agar tidur nyenyak bisa membantumu lebih mudah terlelap dan dijauhi dari mimpi buruk.

Yuk baca doa agar tidur nyenyak setiap malam hari.



Simak Video "Pangeran Harry Takut Bawa Anak-anaknya ke Inggris, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)