4 Manfaat Luar Biasa dari Doa Qunut yang Sempurnakan Salat

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 24 Nov 2021 05:30 WIB
Young muslim woman praying in mosque while wearing prayer veil Manfaat doa qunut. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Doa qunut merupakan salah satu bacaan dalam salat Subuh. Bacaan doa qunut dilakukan setelah i'tidal dan sebelum sujud pada rakaat terakhir. Seperti apa bacaan doa qunut dan apa manfaat membacanya?

Hukum membaca doa qunut pada pertengahan salat subuh adalah dianjurkan. Hal ini tertuang dalam buku berjudul 'Kupas Tuntas Qunut Subuh' oleh M. Abdul Wahab, Lc. Mayoritas ulama menyatakan kalau hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunnah.

Dalam madzhab syafi'i menyatakan bahwa membaca doa qunut itu dianjurkan baik ketika terjadi bencana (nazilah) atau ketika tidak ada bencana (qunut subuh). Beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan membaca doa qunut saat subuh. Mereka yang menganjurkan membaca doa qunut saat salat subuh ada Abu bakar As-Shidiq, Umar bin Khathab, Utsman, Ali, Ibnu Abbas, dan Al-Barra bin 'Azib.


Berikut bacaan doa qunut yang bisa diamalkan saat salat Subuh:


اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Latin:



Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:

"Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun. Dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara. Dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada mereka. Dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum. Maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."

Setelah hapal doa qunut, ini manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari mengamalkan doa qunut saat salat subuh:



1. Membaca Doa Qunut Agar Diberikan Petunjuk

Salah satu manfaat dari doa qunut akan dimudahkan segala urusan dan diberikan petunjuk oleh Allah SWT. Petunjuk yang dimaksud dalam doa qunut berupa hidayah serta pengampunan dari Allah SWT.

2. Diberikan Perlindungan Dunia dan Akhirat


Membaca doa qunut juga meminta kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dari bahaya dunia maupun akhirat. Doa qunut menjadi salah satu cara kita berlindung pada Allah SWT dan meminta karunianya.


3. Membaca Doa Qunut Bisa Terhindar dari Penyakit Hati


Penyakit hati paling mengerikan dibanding penyakit fisik karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan mengamalkan bacaan doa qunut bisa mendapat manfaat agar terhindar dari penyakit hati.


4. Diberikan Pengampunan dan Rahmat-Nya


Doa qunut bisa menjadi salah satu cara memohon ampun kepada-Nya. Membaca doa qunut berharap Allah SWT akan memberikan rahmat serta kesejahteraan hidup yang lebih baik.


Setelah tahu manfaat doa qunut, jangan lupa mengamalkannya saat salat Subuh ya.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)