Doa Makan dan Sesudah Makan Serta Artinya, Baca Agar Lebih Berkah

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 20 Nov 2021 14:00 WIB
Indonesian or Malaysian woman with headscarf in the restaurant Doa makan dan sesudah makan serta artinya. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Dalam Islam, kamu dianjurkan membaca doa makan dan setelah makan. Apa kamu sering lupa membaca doa makan dan setelah makan? Jika sering lupa maka bisa memahami arti doa makan dan setelah makan.

Membaca doa makan dan setelah makan menjadi salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW. Melafazkan doa makan dan setelah makan merupakan salah satu bentuk rasa syukur kamu sebagai umat Muslim.

Makanan termasuk salah satu rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk itu, disarankan membaca doa makan dan setelah makan, seperti dalam firman Allah SWT yang tertuang di surat Al Baqarah ayat 172:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."

Baca doa makan dan setelah makan juga bisa mendapatkan pahala. Bahkan membaca doa makan dan setelah makan membuat makanan yang dikonsumsi lebih berkah serta sehat untuk tubuh. Membaca doa makan dan setelah makan juga akan menjauhkanmu dari setan yang terkutuk.

Seperti yang pernah dikatakan Rasulullah SAW;

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلٌّ الطَّعَامَ، إِلاَّ يُذْكَرَ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ

Artinya:

"Sesungguhnya setan mendapatkan bagian makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR. Muslim)

Untuk itu, kamu disarankan membaca 'basmallah' sebelum makan dan 'alhamdulillah' setelah makan. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga penting diajarkan kepada anak-anak. Yuk ajarkan anak-anak membaca doa makan dan setelah makan sejak dini.

Berikut bacaan doa makan dan setelah makan beserta artinya yang bisa menambah pahala serta diberikan keberkahan atas makanan yang dikonsumsi.

Doa Sebelum Makan

Sebelum makan, bacalah doa makan yang bisa kamu amalkan setiap hari dan diajarkan ke anak. Ini dia doa makan yang bisa dibaca:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar

Artinya:

"Ya Allah berikanlah keberkahan apa yang telah engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Membaca doa makan dan setelah makan bisa menambah keberkahan dan dijauhi dari siksa api neraka. Maka jangan lupa baca doa makan dan setelah makan.

Doa Setelah Makan

Dalam hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengatakan kalau Allah SWT menyukai orang yang berdoa setelah makan.

"Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid sesudah makan dan minum." (HR. Muslim)

Ini dia bacaan doa setelah makan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang memberikan makan dan minum kepada kami. Dan Menjadikan kami orang Islam."

Setelah mengetahui keberkahan dari membaca doa makan dan setelah makan, yuk amalkan setiap kali mengonsumsi makanan. Tidak lupa mengajarkan doa makan dan setelah makan kepada anak-anak agar mereka terbiasa mengamalkannya sejak kecil.



Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)