Doa Sebelum dan Sesudah Belajar dan Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 05 Feb 2021 05:30 WIB
A Muslim young man is putting both palms together (Muslim way of praying) at home in Malaysia. He is wearing baju Melayu, a traditional Muslim menswear. Foto: iStock
Jakarta -

Membaca doa sebelum dan sesudah belajar sangat dianjurkan Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam memahami suatu ilmu yang bermanfaat. Anak-anak yang sedang mengerjakan tugas dari sekolah.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Mukmin ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Doa Sebelum Belajar:

رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


Robbii zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman."

Doa Setelah Belajar


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin)


Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali. Janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam."

Di masa pandemi seperti ini, anak-anak perlu didampingi orang tua saat belajar di rumah, ini tipsnya:

1. Membuat jadwal rutin

Tidak hanya menerapkan membaca doa sebelum dan sesudah belajar. Bunda juga perlu membuat jadwal rutin agar si kecil tetap disiplin. Buat jadwal harian untuk tidur, belajar, olahraga, bermain, makan dan bersantai.

2. Bicara dengan anak
Usahakan agar komunikasi Bunda dan si kecil lancar. Hindari dulu gangguan dari TV dan ponsel sehingga anak dapat lebih fokus berkonsentrasi.

3. Pantau saat belajar
Dengan belajar online tentu si kecil akan berlama-lama memegang gadget. Bunda perlu terus mendampingi dan memantau agar si kecil tidak kebablasan menggunakan gadget.

Pastikan menggunakan seperlunya saja hanya saat belajar.

4. Utamakan komunikasi
Belajar online butuh komunikasi yang lebih intens nih dengan guru. Bangun komunikasi yang baik dengan guru dan orang tua murid lainnya ya selama belajar di rumah.

Itulah beberapa tips mendisiplinkan anak-anak saat belajar di rumah. Dan jangan lupa untuk selalu mengingatkan si kecil membaca doa sebelum dan sesudah belajar ya Bunda.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)