30 Kata-Kata Bijak Islami Tentang Wanita Muslimah Penuh Makna

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 08 Okt 2021 10:15 WIB
Tren hijab selama PPKM. Ilustrasi kata-kata bijak Islami tentang wanita muslimah. Foto: Dok. Instagram @rahina.indonesia.
Jakarta -

Wanita adalah makhluk yang dimuliakan dalam Islam. Dan ada banyak kata-kata bijak Islami tentang wanita muslimah yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu.

Islam menghormati wanita telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur'an, surah An Nisa yang membicarakan tentang seluk beluk wanita diciptakan dari tulang rusuk pria. Berikut ayat dalam surah tersebut :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ

Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā...

Artinya: "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak..." (QS. An Nisa:1)

Hadits ini menunjukkan keharusan kaum pria berlaku lembut kepada wanita, bersikap baik terhadap mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak dan lemahnya akal mereka. Selain itu, juga menunjukkan dibencinya menalak mereka tanpa sebab dan juga tidak bisa seseorang berambisi agar si wanita terus lurus. (Al-Minhaj, 9/299).

Sosok wanita juga akan menjadi panutan bagi anak-anaknya kelak. Dan ALLAH SWT telah menjanjikan surga-Nya, bagi para wanita muslimah yang mengerjakan amalan baik kepada orang lain dan wanita yang taat beribadah.

Agar kamu dapat memahami betapa mulianya wanita muslimah di mata Allah SWT, kamu bisa membaca kata-kata bijak Islami tentang wanita muslimah.

Berikut kata-kata bijak Islami tentang wanita muslimah:

1. "Hijab tak hanya sekedar aksesori fisik belaka. Hijab adalah identitas. Hijab adalah refleksi ketaatan wanita kepada Allah SWT."

2. "Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

3. "Islam mewajibkan wanita menutup aurat karena Islam melindunginya dari pandangan buas para lelaki."

4. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang". - Ali bin Abi Thalib.

5. "Awali hari dengan Bismillah, optimistis, dan tawakal, Insyaallah harimu akan berkah."

6. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

7. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." - Fatimah binti Muhammad.

8. Hijab bukan berarti menindas atau mengekang, tapi tentang membebaskan diri dari pandangan mata-mata yang jahat."

9. "Hijab memaksa seorang pria untuk melihat wanita dengan hormat dan bukan sebagai sebuah objek."

10. "Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

Kata-kata Bijak Islami Penyejuk Hati

11. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

12. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

13. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." -Ali Bin Abi Thalib.

14. "Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci." -Imam Al Ghazali.

15. "Berdoa. Allah mendengarmu. Bersabarlah dan Dia akan menjawab pada saat yang tepat."

16. "Rahasia kebahagiaan adalah menerima posisimu saat ini dalam hidup dan memanfaatkannya sebaik mungkin."

17. "Dan bersabarlah karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." - QS 11:115.

18. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." - Ali bin Abu thalib.

19. "Bersyukur, karena itu lebih baik daripada kamu terus saja mengeluh karena apa yang kamu ingin belum kau dapatkan."

20. "Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajah mereka dengan senyuman."

Kata-kata Bijak Islami untuk Renungan

21. "Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas hambanya."

22. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji".

23. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu".

24. "Allah sudah menuliskan nama jodoh Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mempererat hubungan dengan Allah".

25. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya".

26. "Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu". - Nabi Muhammad SAW.

27. "Islam telah mengangkat status wanita dari bawah bumi ke derajat yang sangat tinggi sehingga surga terletak di telapak kakinya." - Dr. Maulana Ansari.

28. Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya, laksana mutiara di langit ketujuh. Tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya.

29. "Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu."

30. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik." (QS.An Nur 26).

Nah, itulah 30 kata-kata bijak Islami tentang wanita muslimah. Semoga bisa menjari renungan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

(gaf/eny)