Mengenal Surat Maryam, Benarkah Baik Dibaca Bumil Agar Melahirkan Lancar?

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 16 Sep 2021 05:30 WIB
Joyful Pregnant Muslim Lady Using Digital Tablet Browsing Internet Sitting On Couch At Home. Pregnancy Lifestyle Concept. Arab Mother-To-Be Using Computer. Copy Space For Text Surat maryam untuk ibu hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Surat Maryam termasuk surat dalam Al Quran yang populer di kalangan ibu hamil. Apa saja keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil?

Banyak ibu hamil yang meyakini dengan rutin membaca surat Maryam dan Yusuf nantinya anak yang lahir akan cantik seperti Maryam atau tampan seperti Nabi Yusuf. Namun pada dasarnya tidak ada dalil yang menyebutkan soal keutamaan surat Maryam tersebut.

Dikutip dari Hai Bunda, dalam buku 'Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil' oleh Ana Syafaratin, dalil ibu hamil membaca surat Maryam dan Yusuf tidak ada.

"Karena tidak ada dalil yang menganjurkan bagi ibu hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik," tulis Ana Syafaratin dalam buku 'Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil' seperti dikutip dari Hai Bunda.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tegasnya.

Selain itu tak sedikit ibu hamil yang juga percaya dengan membaca surat Maryam persalinan akan lancar dan rasa sakit berkurang. Benarkah?

Melansir Islamweb, sesungguhnya tidak ada bukti kuat dalam syariat yang membuktikan bahwa membaca surat Maryam membantu meredakan nyeri persalinan. Tetapi, membaca Al Qur'an tentu saja membawa kebaikan dan keberkahan dalam kehidupan.

Dalam surat Al Isra ayat 82 disampaikan Allah SWT menjadikan seluruh bacaan Qur'an sebagai obat. "Dan Kami menurunkan Al Qur'an yang menyembuhkan dan rahmat bagi orang-orang beriman."

Isi Surat Maryam

Surat Maryam terdiri dari 98 ayat diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Menurut Prof. Quraish Shihab, dinamakan surat Maryam karena menceritakan tentang perjuangan Maryam binti Imran ketika melahirkan Isa As.

Surat Maryam merupakan surat ke-19 dalam Al Quran. Selain tentang perjuangan Maryam melahirkan Nabis Isa, surat ini menceritakan berbagai kisah, mulai dari wanita suci keturunan bani Imran, Siti Maryam hingga Nabi Zakariya AS.

Surat Maryam diawali dengan permohonan doa-doa kepada Allah SWT sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Zakariya AS dalam meminta keturunan. Kisah ini diceritakan pada ayat 1-11. Nabi Zakariya AS berdoa dengan lemah lembut dan sabar kepada Allah SWT.

Sedangkan perjuangan Maryam binti Imran saat melahirkan Isa Alaihisalam diceritakan dalam surat Maryam ayat 19 sampai 25:

Surat Maryam ayat 19

قَالَتْ اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ غُلٰمٌ وَّلَمْ يَمْسَسْنِيْ بَشَرٌ وَّلَمْ اَكُ بَغِيًّا

Latin: qālat annā yakunu lī gulāmuw wa lam yamsasnī basyaruw wa lam aku bagiyyā

Artinya: Dia (Maryam) berkata, "Bagaimana mungkin aku mempunyai anak laki-laki, padahal tidak pernah ada orang (laki-laki) yang menyentuhku dan aku bukan seorang pezina!"

Itulah beberapa hal tentang surat Maryam. Sebagai muslimah membaca Al Aquran surat apapun setiap harinya dapat membawa kebaikan dan pahala.



Simak Video "STUDIO POP SHOW: SEASON 3 EPISODE-3"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)