Arti Insya Allah, Seperti yang Diucapkan Ronaldo untuk Khabib Nurmagomedov

Tim detikcom - wolipop Senin, 19 Okt 2020 13:45 WIB
FUNCHAL, MADEIRA, PORTUGAL - JULY 22: Cristiano Ronaldo during the opening of the new Pestana CR7 Funchal Hotel owned by Cristiano Ronaldo on July 22, 2016 in Funchal, Madeira, Portugal. (Photo by Octavio Passos/Getty Images) Foto: Octavio Passos/Getty Images/Arti Insya Allah, Seperti yang Diucapkan Ronaldo untuk Khabib Nurmagomedov
Jakarta -

Ronaldo mengucapkan Insya Allah saat ditanya penggemar atas prediksi Khabib Nurmagomedov menang melawan Justin Gaethje di UFC 254. Ya pria yang akrab disapa CR7 itu dekat dengan Khabib.

"Tentu, tentu saja, Khabib akan menang. Saudara saya. Insya Allah," ujar Ronaldo menjawab pertanyaan salah satu penggemar soal UFC 254 dikutip dari CNN.

Selama ini kata Insya Allah dianjurkan untuk selalu diucapkan setiap kali mengikat janji, namun malah menjadi hal yang tidak disukai. Kebiasaan ini tanpa sadar sering dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa sih sebenarnya makna kata Insya Allah? Dalam buku Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian disebutkan makna Insya Allah. Berikut arti Insya Allah:

1. Keyakinan yang Kukuh Bahwa Allah Terlibat Tindak-tanduk Manusia

Insya Allah berarti keyakinan yang kukuh bahwa Allah SWT selalu terlibat dan memiliki andil dalam segala tindak-tanduk manusia. Kesadaran akan kehadiran Allah SWT dapat memupuk tumbuhnya moral yang luhur (akhlakul karimah).

Hanya orang-orang yang merasa dirinya senantiasa ditatap Allah SWT saja yang akan mampu menjaga diri dari segala bentuk pelanggaran.


2. Ekspresi Kerendahan Hati

Kata Insya Allah juga menunjukkan bahwa manusia punya rencana, sedang Allah SWT punya kuasa. Dengan demikian kata Insya Allah menunjukkan kerendahan hati seorang hamba sekaligus kesadaran akan kekuasaan Allah SWT.

3. Perpaduan Usaha dan Penyerahan Diri

Insya Allah terkandung ketikdapastian akan apa yang terjadi besok. Segala rencana yang sudah pasti sesungguhnya mengandung sejuta ketidakpastian di dalamnya. Di satu sisi, keyakinan dan kesadaran akan keajaiban hidup, yang akan melahirkan motivasi. Di sisi lain akan melahirkan sikap penyerahan diri kepada Allah SWT.

Dalam Al Quran juga disebutkan kata Insya Allah dalam Surat Al Kahfi ayat 23 dan 24:

وَلَا تَقُوْلَنَّ لِشَا۟يْءٍ اِنِّيْ فَاعِلٌ ذٰلِكَ غَدًاۙ - ٢٣

"Dan jangan sekali-kali engkau mengatakan terhadap sesuatu, "Aku pasti melakukan itu besok pagi,"

اِلَّآ اَنْ يَّشَاۤءَ اللّٰهُ ۖوَاذْكُرْ رَّبَّكَ اِذَا نَسِيْتَ وَقُلْ عَسٰٓى اَنْ يَّهْدِيَنِ رَبِّيْ لِاَقْرَبَ مِنْ هٰذَا رَشَدًا - ٢٤

"Kecuali (dengan mengatakan), "Insya Allah."" Dan ingatlah kepada Tuhanmu apabila engkau lupa dan katakanlah, "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepadaku agar aku yang lebih dekat (kebenarannya) daripada ini."

Dalam hadits juga disebutkan tentang kata Insya Allah:

"Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, Sulaiman bin Daud berkata, 'Sungguh, aku akan berkeliking dalam satu mala kepada seratus wanita, setiap mereka datang dengan penunggang kuda yang berjuang di jalan Allah.' Maka, berkatalah temannya (malaikat) kepadanya, 'Ucapkanlah Insya Allah! Beliau tidak mengucapkan Insya Allah sehingga tidak ada yang mengandung dari mereka, kecuali satu wanita yang datang dengan separuh manusia. Demi jiwa Muhammad yang ada di tangan-Nya, andai ia mengucapkan Insya Allah, niscaya ia tidak menerjang dan itu menjadi sesuatu yang meluluskan hajatnya." (H.R Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasa'i).

Jadi makna yang benar dari kata إن شاء الله Insya Allah adalah sebuah kepastian, kecuali Allah SWT berkehendak lain. Karena itu, jangan lagi kita memakai kata Insya Allah untuk 'ngeles' atas janji yang dibuat.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)