Hadits tentang Cinta Kepada Allah SWT

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 11 Sep 2020 11:42 WIB
ilustrasi anak berdoa Hadits tentang cinta. Foto: iStock
Jakarta -

Hadits tentang cinta perlu kita ketahui. Rasa cinta kepada Allah SWT tentu harus lebih kuat dibandingkan dengan

cinta kepada manusia. Semakin cinta kepada Allah, maka semakin mampu menikmati segala apapun yang Allah sukai.

Allah SWT berfirman:

قُلْ إِنْ كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ

وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Artinya: ""jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik." (QS. At- Taubah: 24).


Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dalam bukunya 'Cintai Allah Sepenuh Hati' menyebutkan salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga perkara yang jika itu semua terdapat pada diri seseorang, maka dia akan merasakan manisnya iman. Yaitu Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai dari selain keduanya, dia mencintai seseorang yang dia mencintainya hanya karena Allah dan dia benci kembali kepada kekafiran setelah diselamatkan Allah darinya, sebagaimana dia benci jika dicampakkan ke dalam api neraka." (HR. Bukhari Muslim).


Ada juga hadits dari Rasulullah SAW bersabda dalam satu doanya: "Ya Allah berilah aku rezeki cinta-Mu dan cinta orang yang bermanfaat buat ku cintanya di sisi-Mu. Ya Allah segala yang Engkau rezekikan untukku di antara yang aku cintai, jadikanlah itu sebagai kekuatanku untuk mendapatkan yang Engkau cintai. Ya Allah, apa yang Engkau singkirkan diantara sesuatu yang aku cintai, jadikan itu kebebasan untukku dalam segala hal yang Engkau cintai." (Hadits At-Tirmidzi).



Simak Video "Anggunnya Cinta Laura dengan Busana Hudoq di JFC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)