Hadits tentang Akhlak dan Kejujuran serta Keutamaannya

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 21 Agu 2020 06:45 WIB
One day one hadits Hadits tentang akhlak dan kejujuran. Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Hadits tentang akhlak dan kejujuran, keduanya sama pentingnya. DR. KH. M. Hamdan Rasyid, MA dan Ust. Saiful Hadi El-Sutha dalam buku "Panduan Muslim Sehari-hari", akhlak adalah salah satu aspek ajaran Islam yang berisi nilai moral terhadap perilaku sebagai manifestasi syariah yang benar.

Akhlak Islam berupa nilai dan sifat kebaikan yang dimiliki oleh seorang muslim dan menghindari sifat-sifat buruk seperti ghibah, suka mencela, suka pamer serta berkhianat. Kedudukan akhlak dalam Islam juga disebutkan dalam ayat-ayat Al-qur'an dan juga hadits.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 13:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Arab-Latin: "Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ, inna akramakum 'indallāhi atqākum, innallāha 'alīmun khabīr."

Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al Hujurat: 13)

Akhlak dalam bentuk sikap ditunjukkan dalam perilaku yang baik terhadap tetangga. Hubungan baik harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Rasulullah SAW bersabda:

"Selalu jibril berpesan-pesan kepadaku supaya baik terhadap tetangga ..." (HR Bukhari dan Muslim)

"Dan sebaik-baiknya tetangga di sisi Allah yang terbaik kepada tetangganya." (HR. Tirmidzi).

Seorang muslim selain perlu berakhlak mulia juga kita harus bersikap jujur.

Berikut beberapa keuntungan ketika kita berakhlak baik dan bersikap jujur yang dilansir dalam buku "Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 1" oleh Syaikh Mahmud Al-Mishri:

1. Mendapatkan Surga


Surga menjadi jaminan bagi siapa saja yang memiliki akhlak baik dan selalu bersikap jujur. Dalam sebuah hadits tentang kejujuran, "Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan pada kebajikan dan kebajikan adalah jalan menuju serga." Surga merupakan komoditas Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah sangatlah berharga dan ketahuilah ia adalah surga-Nya." Diriwayatkan oleh Al Bukhari (6168) dan Muslim (2641).

2. Dikumpulkan dengan Golongan Orang Jujur di Hari Kiamat


Jika kita senantiasa berakhlak baik dan jujur tentu Allah akan mengumpulkan kita dengan orang-orang baik. Allah SWT berfirman:

مِّنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا۟ مَا عَٰهَدُوا۟ ٱللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُم مَّن قَضَىٰ نَحْبَهُۥ وَمِنْهُم مَّن يَنتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا۟ تَبْدِيلًا

Artinya: "Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya)." (QS Al-Ahzab: 23).

3. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Jiwa


Kejujuran akan membuahkan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Rasulullah SAW bersabda, "Tinggalkanlah apa yang membuatmu ragu, menuju sesuatu yang tidak membuatmu ragu. Sesungguhnya kejujuran adalah ketenangan, sedangkan kebohongan adalah kegelisahan." (At-Tirmidzi (2518)).

4. Mendapatkan Ridha Allah SWT


Allah SWT berfirman:

قَالَ اللَّهُ هَٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصَّادِقِينَ صِدْقُهُمْ ۚ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: ""Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar". (QS: Al Maidah 119).

Dari hadits tentang akhlak dan kejujuran tentu kita dapat memetik hikmah agar senantiasa dapat menjalankan segala sesuatu sesuai dengan perintah Allah SWT.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)