Doa Bercermin dan Adabnya, Agar Cantik dan Ganteng Luar Dalam

Tim detikcom - wolipop Sabtu, 05 Sep 2020 08:23 WIB
doa bercermin Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio/Doa Bercermin dan Adabnya, Agar Cantik dan Ganteng Luar Dalam
Jakarta -

Sehari-hari, kita berkali-kali bercermin. Saat mau tidur, saat baru bangun tidur, atau saat sedang mengenakan pakaian, menyisir rambut, atau berdandan.

Dalam bercermin, ada adab-adabnya. Adab bercermin antara lain seperti dikutip dari buku 'Cantik Itu Sederhana' karya Ninik Handrini:

1. Saat bercermin, ingatlah nikmat-nikmat yang Allah telah berikan. Seraya berdoa ketika bercermin, yang artinya: Ya Allah, baguskanlah perangaiku, sebagaimana Engkau telah membaguskan bentukku." (HR Ahmad).

2. Tidak terlalu mengagumi kecantikan diri sendiri

3. Tidak terlalu lama berada di depan cermin

4. Tidak berlebih-lebihan dalam bercermin

5. Tidak mencela kekurangan fisik sendiri

6. Bersyukur dengan segala kelebihan diri

7. Bersabar dengan segala kekurangan diri

Setiap manusia memiliki keunikan sendiri. Ada yang ganteng, cantik, berambut lurus, mata belo, mata sipit, kulit putih, kulit sawo matang, rambut kribo, rambu lurus, badan kurus, badan gemuk, dan sebagainya. Namun kalau detikers tidak berwajah ganteng dan cantik, jangan bersedih hati. Detikers harus bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Allah berfirman dalam Alquran surah At Taghaabun ayat 3:

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

Artinya:

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah SWT. Kembali(mu)." (QS. At-Taghaabun ayat 3).

Allah SWT juga telah menganugerahkan kita bentuk tubuh dan rupa yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainya. Hal itu tercantum dalam Surat At-Tin ayat 4:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya:

"Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (QS At-Tin: 4).

Jika saat bercermin, detikers tidak memiliki tubuh atau ada bagian wajah yang tidak sesuai, jangan berkecil hati. Ada sebuah doa yang dibaca seperti dalam buku 'Kumpulan Doa Sehari-hari' yang diterbitkan Subdit Publikasi Dakwah dan HBI Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2013.

Berikut doa bercermin:

1. اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqi

Artinya : Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku. (HR. Ahmad).

ِِِ2.

Doa bercerminDoa bercermin Foto: Dok. Subdit Publikasi Dakwah dan HBI Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2013

Demikianlah doa bercermin. Semoga kita bisa mengamalkannya.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)