Kata Komunitas Niqab Squad Indonesia Soal Larangan Cadar untuk ASN

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 03 Nov 2019 09:00 WIB
Niqab Squad Indonesia. Foto: Dok. Niqab Squad Indonesia Niqab Squad Indonesia. Foto: Dok. Niqab Squad Indonesia

Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mempertimbangkan wacana melarang penggunaan cadar di instansi pemerintah. Namun rencana ini masih dalam tahap kajian.

"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab (cadar), tapi melarang untuk masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan. Apalagi kejadian Pak Wiranto yang lalu," ujar Fachrul.

Menanggapi wacana dari menteri agama tersebut, pendiri komunitas Niqab Squad Indonesia, Indadari Mindrayanti mengaku prihatin. Dia berharap pemerintah mempertimbangkan lagi sebelum benar-benar menetapkan aturan tersebut.

"Saya yakin pasti ada solusi yg lebih bijak dari pemerintah tentang pelarangan ini. Saya rasa untuk pakaian, tidak akan membahayakan orang lain sampai harus ada pelarangan seperti itu. Jangan hanya karena oknum yg berpakaian seperti itu semua jadi kena "efek buruk" nya," kata Indadari saat dihubungi Wolipop, Jumat (1/11/2019).


Kata Komunitas Niqab Squad Indonesia Soal Larangan Cadar untuk ASNpendiri komunitas Niqab Squad Indonesia, Indadari Mindrayanti. Foto: Ismail/detikHOT


Menurut wanita yang akrab disapa Inda itu, pada dasarnya tidak banyak wanita bercadar bekerja di instasi pemerintahan. "Paling hanya beberapa dan mereka bisa ditempatkan dibagian yang misalnya tidak berhubungan langsung dalam melayani masyarakat. Meskipun memang hukum bercadar sendiri dari berbagai mazhab berbeda-beda. Ada yang menghukumi sunnah, wajib atau mubah," ujarnya.

Inda menambahkan alangkah baiknya jika pemerintah tidak menetapkan aturan larangan memakai niqab di instaasi pemerintah. Menurutnya setiap warga negara memiliki hak untuk menjalankan ajaran agamanya masing-masing.

"Pasti ada solusi terbaik di instansi pemerintah untuk para niqabi tanpa harus meminta mereka untuk melepaskan cadarnya," kata Indadari.

Wanita 36 tahun ini pun memberikan pesan terhadap wanita berniqab. Dia meminta rekan-rekan ASN yang memakai cadar tetap semangat dan tidak merasa khawatir.

"Semangat dari saya buat teman-teman ASN yang misalnya khawatir tentang bagaimana dengan pekerjannya, yakinlah rezeki sudah dijamin oleh Allah SWT. Semoga tetap semangat mengamalkan sunnah semuanya," tutup Indadari yang mendirikan Niqab Squad sejak pertengahan 2017 itu.




Simak Video "Tips Tampil Modis dan Nyaman dengan Niqab"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)