Remaja SMA Ini Didiskualifikasi dari Lomba Lari karena Pakai Hijab

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 30 Okt 2019 11:46 WIB
Noor Alexandria Abukaram. Foto: Dok. Instagram @zobaidafalah Noor Alexandria Abukaram. Foto: Dok. Instagram @zobaidafalah

Jakarta - Remaja di Sylvania, Ohio didiskualifikasi dari perlombaan lari lintas negara tingkat SMA karena dia tidak diberi izin untuk berlomba dengan memakai hijabnya. Pihak panitia mengatakan mereka mempertimbangkan perubahan aturan.

Remaja bernama Noor Alexandria Abukaram itu adalah atlet lari dari sebuah sekolah menengah di Northview Sylvania, Ohio. Dia mencetak rekor terbaik saat mengikuti lomba lari 5K tingkat SMA dengan catatan waktu 22:22.

Meskipun Abukaram tidak menang, rekornya itu membuka kesempatan untuknya melaju ke lomba lari tingkat regional. Setelah mencetak waktu terbaik itu, remaja berhijab itu pun memeluk ibunya dan teman-temannya.

Remaja SMA Ini Didiskualifikasi dari Lomba Lari karena Pakai HijabAksi Noor Alexandria Abukaram. Foto: Dok. Instagram @tasyafarasya


Namun kebahagiaannya mencatatkan waktu terbaik sirna saat seorang temannya mengatakan padanya bahwa dia didiskualifikasi pihak panitia karena hijab yang dikenakannya. Abukaram merasa sangat sedih saat mengetahuinya. Dia bahkan sampai tidak bisa berkata-kata saat bertemu dengan ayahnya usai perlombaan tersebut. Dia hanya bisa menangis.

Abukaram merasa tidak sanggup memberitahu ayahnya kalau dia diskualifikasi karena hijabnya. Hal itu karena orangtuanya lah yang selalu menjadi pendukung nomor satunya ketika dia memutuskan untuk berhijab.

Remaja SMA Ini Didiskualifikasi dari Lomba Lari karena Pakai HijabTim Noor Alexandria Abukaram. Foto: Dok. Instagram @tasyafarasya

"Itu seperti mimpi buruk dalam dunia nyata," kata Abukaram kepada Sports Illustrated. "Perlombaanku seharusnya berada di bawah kendaliku, tetapi kendali itu diambil darikukarena hijab yang aku pakai, sesuatu yang aku pegang begitu dekat dengan hatiku. Aku telah dilatih begitu keras untuk berada di tahap ini. Ini sangat memalukan dan mengecewakan," tambahnya.

Saat dikonfirmasi, juru bicara dari OHSAA (Ohio High School Athletic Association) mengatakan pelari lintas negara dapat berpartisipasi dalam kompetisi dengan memakai hijab asalkan pelari itu telah mendaftarkan persetujuan tertulis dari pihak OHSAA. Menurut pihak panitia, mereka hanya menjalankan aturan yang berlaku. Diskualifikasi dilakukan karena Abukaram belum mendapatkan persetujuan itu.

Bagi pihak Abukaram, pernyataan pihak OHSAA ini tidak dapat diterima. Karena dia sudah sering mengikuti lomba lari dengan memakai hijab selama tiga tahun terakhir ini. Dan selama itu belum pernah dia mendapat diskualifikasi seperti yang dialaminya sekarang.
Remaja SMA Ini Didiskualifikasi dari Lomba Lari karena Pakai Hijab Noor Alexandria Abukaram (tengah).Foto: Dok. Instagram @zobaidafalah


Simak Video "Gokil! Atlet Wanita Ini Bersepeda hingga 296 Km per Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)