5 Cara Endorse Selebgram Hijab di Instagram, Pemilik Online Shop Wajib Tahu

Silmia Putri - wolipop Rabu, 03 Apr 2019 14:03 WIB
Selebgram hijab. Foto: Instagram Selebgram hijab. Foto: Instagram

Jakarta - Pemasaran di media sosial menjadi salah satu strategi yang tak boleh dilewatkan para pemilik bisnis busana muslim. Sudah banyak sekali brand yang sukses memasarkan produknya hanya melalui Instagram saja.

Sebut saja Vanilla Hijab dan Heaven Light, dua brand busana muslim yang memiliki jumlah followers terbanyak di Instagram. Mereka kerap mempromosikan produk terbarunya lewat influencer atau selebgram.

Proses pemasaran melalui influencer ini kerap disebut sebagai endorsement. Bagaimana cara meng-endorse selebgram hijab agar produk kita dipromosikan di Instagram mereka? Simak tahapannya berikut ini.

1. Menghubungi Selebgram Via Nomor Kontak Manager Pribadi

Ini adalah cara yang paling lazim dilakukan. Beberapa selebgram menulis nomor kontak manager atau management-nya di bio Instagram. Pertanyaan seputar endorse bisa ditanyakan langsung via manager.

Biasanya kontak tidak hanya berupa nomor telepon, tapi juga ID Line. Dengan berteman di Line, kamu juga bisa mendapatkan info jadwal mereka membuka endors. Beberapa selebgram tidak membuka endorsement di sembarang hari.

2. Terkoneksi dengan Akun Line Manajemen Selebgram

Ada kalanya menghubungi manajer pribadi selebgram tidak membuahkan hasil karena kesibukan mereka. Cara lainnya adalah dengan menge-add akun manajemen selebgram di Line.

Beberapa manajemen yang menaungi selebgram hijab adalah Samudera Manajemen, Dya Management, BFF Management, dan masih banyak lago. Jika ingin meng-endorse artis berhijab, pemilik online shop juga bisa menghubungi manajemen Iconic Sister.



3. Bergerak Cepat Saat Menerima Broadcast Jadwal Endorsement Selebgram

Setelah terkoneksi dengan manajemen selebgram, terkadang kita tidak bisa langsung meng-endorse selebgram yang kita pilih. Mereka memiliki jadwal sendiri atau sering disebut dengan jadwal 'open endorse'.

Biasanya jadwal 'open endorse' dilakukan di akhir bulan atau awal bulan. Setiap open endorse, para selebgram memberi batasan jumlah online shop yang ikut kloter tersebut.



4. Mengetahui Perbedaan Jenis-Jenis Endorsement

Para pemilik endorsement juga harus tahu perbedaan jenis endorsement. Biasanya mereka menyajikan dua jenis endorsement yaitu Paid Endorse (PE) dan Paid Promote (PP).

Untuk PE, para selebgram akan mendapatkan produk dari online shop dan me-review di Instagram. Sedangkan PP, para selebgram hanya menayangkan foto yang kita kirim, tanpa memakai produk kita. Biasanya PP dilakukan di Instagram story dengan harga yang lebih murah.

5. Sabar Menunggu Postingan Selebgram

Setelah proses transaksi selesai, selebgram jarang secara cepat mem-posting produk dari online shop. Khususnya mereka yang sudah terkenal dan menerima barang endorsement yang banyak setiap harinya.

Proses dari pengiriman barang hingga postingan itu bisa memakan waktu 1-2 bulan, tergantung kesibukan sang selebgram. Pastikan juga kamu meminta soft file foto selebgram memakai produkmu dari manajemen terkait untuk di-repost di akun Instagram online shop-mu. (sil/eny)