Pertama Kali, Model Berhijab Melenggang di Melbourne Fashion Festival

Silmia Putri - wolipop Rabu, 06 Mar 2019 11:30 WIB
Model berhijab pertama di Melbourne Fashion Festival. Foto: Dok. Duval Agency Model berhijab pertama di Melbourne Fashion Festival. Foto: Dok. Duval Agency

Jakarta - Kehadiran model berhijab di ajang fashion week dunia semakin umum ditemukan. Salah satu pendobraknya adalah Halima Aden, model berhijab asal Somalia yang terpilih untuk melenggang di New York Fashion Week tahun 2017. Digandeng agensi model IMG, kini Halima Aden sering tampil di berbagai acara bergengsi seperti Milan Fashion Week hingga Paris Fashion Week.

Selain Halima, ada satu sosok model berhijab yang baru-baru ini jadi perbincangan. Dia adalah Hanan Ibrahim, model berhijab berdarah Somalia yang tinggal di Australia.

Hanan juga akan mencetak sejarah dengan menjadi model berhijab pertama yang melenggang di Melbourne Fashion Festival. Meski kehidupan di Australia sangat penuh keberagaman, model berhijab di acara fashion show ternyata sangat jarang bahkan hampir tidak ada.



Model Berhijab Ini Curi Perhatian di Melbourne Fashion FestivalHanan Ibrahim, model pertama di Melbourne Fashion Festival. Foto: Dok. Duval Agency


"Australia dikenal sebagai negara multikultural. Kamu merasakannya ketika tinggal di Melbourne. Tapi di industri fashion, kamu tidak bisa melihat itu," ungkap Hanan Ibradhim kepada SBS News.

Penyelenggara acara Melbourne Fashion Festival, Graeme Lewsey mengungkap pentingnya menunjukkan keberagaman pada acara ini. Dia berharap hadirnya model dengan latar belakang ras atau agama berbeda tidak lagi jadi sesuatu yang asing.

"Kami sangat berharap hal ini tidak jadi masalah lagi. Ini normal," ungkap Graeme kepada SBS News.

Untuk itu pihak penyelenggara acara mengungkap kehadiran model berhijab di acara tersebut menjadi pertama kalinya tapi tidak akan menjadi terakhir kalinya. Keberagaman dalam dunia fashion harus menjadi sesuatu yang normal.

Hanan Ibrahim berharap keberadaannya di dunia fashion bisa menjadi inspirasi generasi muda. Ia ingin membuktikan bahwa hijab adalah sesuatu yang baik dan tetap bisa dipakai di berbagai ranah pekerjaan.
(sil/sil)