Hijabers Pemegang Sabuk Hitam Ajarkan Bela Diri Lawan Terorisme

Silmia Putri - wolipop Senin, 21 Jan 2019 19:38 WIB
Khadijah Safari, hijabers petinju dari London. Foto: Instagram/KhadijahSafari Khadijah Safari, hijabers petinju dari London. Foto: Instagram/KhadijahSafari

London - Belum banyak wanita berhijab yang terjun menjadi ahli Muay Thai. Salah satu dari sedikit orang itu adalah Khadijah Safari, wanita berusia 26 tahun asal London, Inggris.

Selama melatih Muay Thai, Khadijah juga bekerja sebagai desainer grafis. Keahliannya membawa Khadijah meraih sabuk emas. Ia pun dinikahi instrukturnya yang bernama Milton Keynes.

Khadijah sendiri tidak lahir sebagai muslim. Ia baru memeluk agama Islam pada 2009, tepatnya saat berusia 29 tahun. Sebelum masuk Islam, ia sudah mengajar Muay Thai dan terus melanjutkannya meski berhijab.


Tentu saja, ada banyak orang yang meragukannya. Olahraga tinju membuat Khadijah harus bersentuhan dengan lawan jenis. Saat berlatih, ada banyak kemungkinan hijabnya terlepas karena aktivitas fisik yang intens.
Khadijah Safari, hijabers jago tinju. Foto: Instagram/KhadijahSafari

Namun, ia tidak menyerah. Ia memutuskan untuk berhenti mengajar Muay Thai di tempat lama dan membuat kelas sendiri khusus perempuan. Tak hanya karena ia menghindari kontak fisik dengan lawan jenis, tapi karena ia memiliki tujuan lain.

"Ada banyak berita negatif di media tentang Islam dan wanita muslim. Ada kesan bahwa wanita muslim itu tertindas," ungkapnya dilansir dari Mail Online.

Melalui tinju dan Muay Thai ia ingin melatih para wanita khususnya wanita muslim untuk bisa membela diri dan melawan jika mereka diserang. Apalagi, kasus Islamophobia dan terorisme masih sering terjadi.

Namun, ia tak menutup kelasnya untuk wanita non muslim. Ia menganggap semua perempuan harus mampu menjaga dirinya.


Khadijah Safari, hijabers jago tinju asal London. Foto: Instagram/KhadijahSafari

"Aku pikir ini sebuah keharusan bagi semua perempuan, apapun keyakinannya, untuk bisa menjaga dirinya sendiri," ungkap Khadijah dilansir dari Daily Mail.

Ia pun menjelaskan bahwa bela diri adalah salah satu olahraga yang dianjurkan di dalam Islam. "Ada empat olahraga yang disebutkan dalam hadist, yaitu renang, naik kuda, memanah, dan bela diri," tutup Khadijah.
(sil/hst)