Tampilkan Model Cilik Berhijab, GAP Dihujat di Prancis

Silmia Putri - wolipop Rabu, 29 Agu 2018 16:44 WIB
Model cilik berhijab di iklan terbaru GAP. Foto: Dok. GAP
Jakarta - Belum lama ini ritel fashion GAP menayangkan kampanye yang beda dari biasanya. Bertema keberagaman dengan tajuk 'GAP Back to School', GAP Kids menampilkan potret lima anak dengan ciri khas berbeda. Salah satunya, memakai hijab.

Di Inggris dan Amerika, kampanye ini disambut hangat. Banyak yang mengagumi iklan terbaru GAP tersebut karena dinilai penuh toleransi terhadap umat beragama. Namun, berbeda dengan sambutan di negara Prancis.

Dilansir dari Amaliah, banyak warga Prancis ingin memboikot GAP karena kampanye tersebut. Petisinya sudah ditandatangani sekitar 8000 orang. Isi petisi tersebut mengungkap bahwa iklan GAP Kids tidak sesuai dengan Prancis yang sekuler.

Model cilik berhijab di iklan terbaru GAP.Model cilik berhijab di iklan terbaru GAP. Foto: Dok. GAP


Islamophobia sudah tidak asing terdengar di Prancis. Mereka menilai Prancis netral dalam beragama, sehingga tidak boleh ada yang terlihat menonjol.

Prancis jadi negara Eropa pertama yang melarang pemakaian cadar di tempat publik. Larangan tersebut dikeluarkan pada tahun 2010, diikuti oleh banyak negara lainnya seperti Denmark, Austria, dan Belgia.

Meski sudah ditandangani oleh sekitar 8000 orang, belum ada keputusan dari pemerintah maupun pihak GAP. Kabar petisi ini pun masih belum tercium media besar di Eropa.


(sil/eny)