Kaftan Masih Tren di Lebaran 2018, Asalkan Pilih Model Seperti Ini

Silmia Putri - wolipop Kamis, 31 Mei 2018 13:23 WIB
Tren Kaftan Lebaran 2018. Foto: Instagram Khanaan Official Tren Kaftan Lebaran 2018. Foto: Instagram Khanaan Official

Jakarta - Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Sudah menjadi tradisi di Indonesia, untuk memakai baju baru saat Lebaran. Biasanya, baju lebaran memiliki desain yang terinspirasi dari Timur Tengah seperti kaftan dan abaya.

Beberapa tahun ke belakang, penggunaan kaftan sangatlah populer. Beragam model kaftan dijual, mulai dari payet berwarna-warni hingga memakai bahan sutera. Desain kaftan pun berkembang mengikuti tren yang ada.

Ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta beberapa waktu lalu, desainer Tuty Adib berpendapat penggunaan kaftan sudah menjadi bagian dari tradisi umat muslim di Indonesia saat Lebaran.

Baca juga: Dian Pelangi Prediksi Baju Seperti Ini Bakal Hits di Lebaran 2018

"Penggunaan kaftan masih akan disenangi para wanita muslim. Hal ini disebabkan bentuknya yang longgar, nyaman dipakai, dan tetap terlihat sopan," tutup Tuty Adib kepada Wolipop.

Tren kaftan di Lebaran 2018 juga pernah disinggung oleh desainer Barli Asmara. Menurutnya, busana kaftan masih akan jadi tren tapi dengan desain yang lebih modern.

"Penggunaan kaftan, abaya, itu semuanya masih tren. Tapi, semuanya di-tone down dengan bahan yang ringan," ungkap Barli Asmara kepada Wolipop beberapa waktu lalu di Ayana Mid Plaza, Jakarta.

Kaftan Masih Tren di Lebaran 2018, Asalkan Pilih Model Seperti IniTren Kaftan Lebaran 2018. Foto: istimewa


Baca juga: Gamis Seperti Ini Jadi Tren Baju Lebaran 2018 di Tanah Abang

Hal ini disetujui oleh desainer busana muslim Dian Pelangi. Ia mengungkapkan kaftan masih dipakai untuk acara-acara tertentu seperti halal bi halal dan acara silaturahmi lainnya.

Namun menurut Dian Pelangi, ada perubahan pada desain kaftan yang populer saat ini. Desain kaftan menjadi lebih modern dengan detail yang lebih simple.

Kaftan Masih Tren di Lebaran 2018, Asalkan Pilih Model Seperti IniDian Pelangi dan Barli Asmara. Foto: Silmia Putri/Wolipop

"Orang makin ke sini makin suka warna pastel yang agak doff gitu, nggak ke arah yang bling-bling. Kalaupun ada bling-bling, detailnya sedikit," ungkap Dian Pelangi kepada Wolipop beberapa waktu lalu di bilangan Sudirman, Jakarta.

Hal ini bisa terlihat dari beberapa jenis kaftan yang dikeluarkan desainer muslim Indonesia. Pemakaian bahan yang ringan dan flowy dipadukan dengan warna-warna manis, sepertinya masih menarik untuk dicoba.
(sil/sil)