Selebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi, Dihujat Netizen

Silmia Putri - wolipop Jumat, 27 Apr 2018 16:30 WIB
Selebgram Malaysia Naelofa. Foto: Instagram Naelofa Selebgram Malaysia Naelofa. Foto: Instagram Naelofa

Jakarta - Promosi di media sosial atau lebih dikenal dengan istilah 'endorsement' sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Biasanya promosi ini dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak followers atau disebut 'selebgram'.

Tak sedikit selebgram yang tersandung kasus karena mempromosikan barang yang kurang tepat. Baru-baru ini, kejadian tersebut berlangsung di Malaysia. Seorang aktris berhijab populer Malaysia, Noor Neelofa Mohd Noor dihujat netizen karena mempromosikan suplemen anti-aging dan pemutih.

Selebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi, Dihujat NetizenSelebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi. Foto: Istimewa

Baca juga: Pertama kali AirAsia Siapkan Jilbab untuk Pilot Wanita, Seperti Apa?

Jika saja ia promosikan suplemen itu untuknya sendiri atau teman-temannya, mungkin biasa saja. Tapi, ia menulis resep suplemen untuk bayi, balita, anak-anak, hingga dewasa. Netizen pun sontak kaget karena tahu suplemen tersebut mengandung pemutih dan mencegah penuaan dini.

Selebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi, Dihujat NetizenSelebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi. Foto: Istimewa
Beragam komentar negatif pun bermunculan. "Bayi membutuhkan suplemen anti kerutan?" tulis akun Twitter bernama Rockie.

Banyak netizen yang merasa kecewa dengan postingan Neelofa tersebut. Sosok Naelofa di Malaysia dikenal memiliki prestasi yang mengagumkan. Ia pernah masuk daftar Fobers 30 Under 30 Asia tahun 2017, dan merupakan pendiri label 'Naelofar Hijab' yang laris manis di pasaran.

Naelofa juga menjadi desainer wanita pertama yang merancang seragam hijab untuk pilot maskapai Air Asia. Ia pun menjadi selebriti Malaysia pertama yang diundang di fashion show Victoria's Secret pada tahun 2017.

"Naelofa adalah pengusaha wanita yang cerdas, saya harap ia cepat menyadari 'suplemen untuk bayi' ini merupakan kesalahpahaman dan dia segera meminta maaf," tulis akun Twitter bernama Afiq Asri.

Baca juga: Rilis Hijab di Klub Malam, Hijabers Malaysia Ini Jadi Kontroversi

Bukan kali pertama Naelofa tersandung kasus yang merusak nama baiknya. Ia pun pernah dihujat netizen karena merilis produk hijab di klub malam. Namun, ia segera memberikan penjelasan terkait acara tersebut dan meminta maaf.

Selebgram Malaysia Promosikan Anti-Aging untuk Bayi, Dihujat NetizenNaelofa rilis produk hijab di klub malam. Foto: Instagram
Persoalan endorsement ini juga kerap terjadi di Indonesia. Dua nama artis sensasional Indonesia, Zaskia Gotik dan Nikita Mirzani pernah tersandung kasus serupa. Bedanya, mereka mengunggah promosi judi online. Melihat kasus seperti ini, para selebriti Instagram atau selebgram diharapkan bisa lebih mengkurasi produk endorsement dengan lebih teliti lagi.
(sil/sil)